Rabu, 25 Mar 2020 17:22 WIB

Merasa Punya Gejala Virus Corona? Ini Saran Pemerintah RI

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan sosialisasi terkait virus corona di Apartemen Mediterania Garden 2, Jakarta, Kamis (6/1). Sosialisasi tersebut disambut baik warga. Virus corona COVID-19 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Meluasnya persebaran virus corona COVID-19 membuat banyak orang merasa cemas dan ingin segera memeriksakan diri saat tidak sehat. Pemerintah Indonesia mengingatkan untuk tidak perlu panik.

"Manakala kemudian merasa dirinya tidak enak badan dengan gejala mirip influenza, kita berharap mereka segera mengakses layanan kesehatan untuk segera berkonsultasi," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto, Rabu (25/3/2020).

Yuri menyarankan untuk segera mengakses layanan kesehatan dan berkosultasi. Tidak lupa, disarankan untuk memakai masker agar saat batuk atau bersin, tidak menyebarkan droplet ke mana-mana.

"Nanti tenaga kesehatanlah yang akan membantu melakukan pemeriksaan secara lebih detail, bahkan kemudian menentukan pemeriksaan lanjut yang perlu dilakukan," lanjut Yuri.

Menurut Yuri, bisa saja keluhan tersebut disebabkan oleh COVID-19. Namun sebaliknya, bisa juga bukan COVID-19.

"Tidak perlu menebak-nebak sendiri," tegas Yuri.



Simak Video "Geser China, AS Jadi Pusat Pandemi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)