Kamis, 26 Mar 2020 05:04 WIB

5 Tips Menjauhi Risiko Kanker

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi kanker Ilustrasi kanker (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Ibunda Presiden RI Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia pada hari Rabu (25/3/2020), pukul 16.45 WIB. Ia diketahui sudah empat tahun berjuang melawan penyakit kanker.

"Yang saya tahu bahwa Ibu ini sudah 4 tahun mengidap sakit, yaitu kanker," sebut Jokowi.

Kanker adalah sebutan umum untuk berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh pertumbuham sel abnormal. Penyakit ini sebagian besar bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut beberapa contohnya seperti dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Makan sehat

Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang jadi kunci agar tubuh tetap bugar. Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi, MPH, menyarankan agar masyarakat lebih menjaga konsumsi gula, garam, dan lemak pada hidangan makanan.

"Jangan makan yang terlalu banyak gula, garam, dan lemak. Selalu utamakan makan buah dan sayur," kata Oscar.

2. Olahraga

Aktivitas fisik 30 menit tiap hari cukup membantu tubuh selalu sehat. Olahraga mencegah obesitas yang merupakan awal penyakit hipertensi, jantung, diabetes, serta kanker.

"Jangan lupa olahraga ya. Supaya tubuh lebih sehat dan mencegah berbagai penyakit," kata Oscar.

3. Positive thinking

Berpikir positif menjadi salah satu tips utama mencegah kanker. Pikiran baik mencegah stres atau cemas yang bisa berdampak buruk untuk imunitas tubuh.

4. Hindari rokok

Rokok telah terbukti mengandung berbagai zat racun yang memicu tumbuhnya sel kanker. Tidak merokok atau menghindari asapnya membantu tubuh menghadapi faktor risiko kanker dengan lebih mudah.

5. Jaga kebersihan

Tips lain adalah menjaga pola hidup bersih, misal rajin cuci tangan. Kebiasaan gampang dan sederhana ini mencegah tubuh mengalami infeksi, memperkuat imun, dan hidup lebih sehat.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)