Kamis, 26 Mar 2020 10:52 WIB

Nutrisi Baik bagi Para Senior yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Abu Ubaidillah - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Berita dan kabar terkait Covid-19 kini menjadi perbincangan hangat secara global. Orang berusia lanjut menjadi salah satu kelompok yang rentan terkena paparan virus Corona, terlebih secara fisik dan daya tahan tubuh mereka sudah tak prima.

Dilansir dari WebMD, seorang yang telah lanjut usia akan lebih mungkin jatuh sakit karena tidak hanya memiliki sistem kekebalan yang semakin sedikit seiring bertambahnya usia, melainkan sel-sel juga mulai saling tidak berkomunikasi. Sehingga lansia akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bereaksi terhadap kuman atau virus berbahaya.

Senada dengan hal tersebut, Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita mengatakan proses menua yang dialami setiap orang dapat mempengaruhi status gizi pada masa tua.

"Orang tua memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit karena mereka cenderung telah memiliki penyakit degeneratif, dan daya tahan tubuh mereka semakin lemah untuk memerangi virus," ujar dr Adeline kepada detikHealth baru-baru ini.

Meskipun demikian, orang berusia lanjut tetap bisa meningkatkan imunitas tubuhnya dengan asupan nutrisi lebih termasuk asupan protein yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Menurut dr Adeline, asupan zat gizi pada para senior seperti protein, asam lemak omega 3 & 6, vitamin D, magnesium, kalsium, dan air putih perlu ditingkatkan agar tetap sehat dan dapat beraktivitas dengan baik.

"Pada kebutuhan protein khususnya beberapa penelitian merekomendasikan kebutuhan protein lansia ditingkatkan 12-14% dari kebutuhan untuk orang dewasa dikarenakan penggunaan protein oleh tubuh telah berkurang, disebabkan pencernaan dan penyerapannya kurang efisien," lanjutnya.

Menyikapi pandemi Covid-19 ini, dr Adeline menyarankan agar para senior tetap tenang dan menjaga kondisi dengan cara memperbanyak cuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan serta berolahraga teratur agar terhindar dari bahaya Covid-19.

Berita dan kabar terkait Covid-19 kini memang menjadi perbincangan hangat di mana pun. Di usia lanjut karena sistem kekebalan tubuh mulai melemah, tubuh rentan terkena penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Maka penting untuk selalu mengonsumsi nutrisi yang dapat menjaga kesehatan, dan daya tahan tubuh.

Nutrisi yang mengandung tinggi protein sangat baik untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh. Entrasol Senior mengandung lebih tinggi protein 12gr/saji juga dilengkapi dengan serat, vitamin serta mineral. Dengan rasa yang lebih enak, cocok untuk bantu jaga daya tahan tubuh saat bertambahnya usia.



Simak Video "Veronica Tan Bikin Layanan Homecare untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)