Kamis, 26 Mar 2020 12:37 WIB

Dokter Ini Bagikan Tips Buat Masker Sendiri dari Kain untuk Cegah Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Tips membuat masker kain di tengah wabah corona. Masker kain buatan Cheng. (Foto: Facebook/Chen Xiaoting)
Jakarta -

Di tengah wabah virus corona COVID-19, masker jadi barang langka karena banyak dicari. Orang-orang ramai menggunakan masker untuk mencegah tertular atau menulari penyakitnya ke orang lain.

Terkait hal tersebut, seorang dokter asal Taiwan viral di media sosial karena membagikan tips membuat masker sendiri dari kain. Spesialis anestesi, Chen Xiaoting, menyebut yang dibutuhkan hanya kain tanpa tenunan atau rajutan (nonwoven).

Chen menjelaskan masker bedah pada dasarnya terbuat dari tiga lapisan. Lapisan pertama dibuat dari bahan bersifat kedap air, lapisan tengah kain nonwoven sebagai penyaring, dan lapisan terakhir kain putih yang juga nonwoven.

Bila tak ada kain yang nonwoven maka bagian luar dan paling dalam bisa menggunakan kain apa saja. Hanya pastikan bagian tengahnya menggunakan kain nonwoven seperti misalnya tisu basah, tisu toilet, pembalut bersih, hingga popok bersih. Chen sendiri menggunakan tisu basah yang dikeringkan untuk maskernya.

"Masker bedah umum menggunakan kain mikrofiber meltblown nonwoven. Struktur kapilernya yang unik membuat kain ini menjadi bahan yang bagus untuk penyaringan," kata Chen seperti dikutip dari Mothership, Kamis (26/3/2020).

Cari penjahit yang terampil untuk membuat masker dari tiga lapis kain tersebut. Chen sendiri memberi contoh maskernya punya bukaan di tengah untuk menyelipkan tisu basah yang sudah dikeringkan sebagai penyaring.

Dokter Ini Bagikan Tips Buat Masker Sendiri dari Kain untuk Cegah CoronaFoto: Facebook/Chen Xiaoting

Bila masker kain sudah jadi jangan lupa jangan malas dicuci. Selain itu Chen mengingatkan bahwa masker bukan satu-satunya cara efektif mencegah penularan virus. Orang-orang tetap harus menjaga jarak dan rajin cuci tangan.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)