Kamis, 26 Mar 2020 12:47 WIB

30 Warga Turki Tewas Setelah Tenggak Alkohol Murni untuk Cegah Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Turki evakuasi 132 warganya dari Iran usai virus corona menyebar di wilayah itu. Ratusan warga Turki yang berhasil dievakuasi akan dikarantina selama dua pekan. Banyak warga Turki minum alkohol murni untuk cegah corona. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Masyarakat Turki nampaknya mengambil langkah yang cukup membahayakan dan sayangnya telah mengorbankan nyawa mereka dalam upaya mencegah virus corona. Situs berita lokal Turki Daily Sabah menyebut puluhan orang telah mengonsumsi alkohol murni dalam upaya untuk melindungi diri mereka dari virus Covid-19 selama dua minggu terakhir.

Hasilnya, 30 orang tewas dan 20 lainnya dirawat di rumah sakit di Istanbul setelah menenggak etanol. Menurut pihak berwenang, sebagian besar dari mereka yang merupakan warga Turkmenistan, mengoleskan etanol pada tubuh mereka sebelum mengkonsumsinya dalam upaya melindungi diri terhadap virus corona baru.

Otoritas juga menyebut korban yang dirawat di rumah sakit sedang dalam kondisi kritis. Kematian karena konsumsi alkohol murni menjadi masalah yang kerap dijumpai dengan pandemi COVID-19 yang semakin meningkat.

Kebanyakan mereka salah mengartikan informasi tentang bagaimana alkohol membunuh coronavirus sehingga mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berbahaya dalam upaya sesat untuk melindungi diri mereka sendiri.

Meskipun manusia dapat mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol hingga 50 persen mengkonsumsi etanol murni dapat menyebabkan keracunan alkohol dan dapat berakibat fatal.

Praktek ini telah menjadi masalah umum di tengah-tengah wabah pandemi ini yang mengakibatkan kematian atau cedera banyak orang. Di Iran, setidaknya 194 orang telah meninggal dan lebih dari 1.000 orang telah diracuni sejak 6 Maret karena konsumsi alkohol yang tidak tepat.



Simak Video "Terapi untuk Atasi Gangguan Indra Penciuman pada Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)