Jumat, 27 Mar 2020 15:25 WIB

Ingat, Tak Semua Jenis Yoghurt Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Yoghurt sering dianggap sebagai jenis makanan sehat dan alternatif pengganti camilan yang lebih 'ramah' terhadap kesehatan tubuh. Ibu hamil seringkali memiliki nafsu makan, terutama untuk ngemil, yang lebih besar daripada sebelumnya. Nah, agar keinginan untuk ngemil terpenuhi namun tetap sehat, yoghurt bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bagi ibu hamil penyuka yoghurt, Anda tetap masih bisa mengonsumsinya namun ada hal yang harus diperhatikan. Tidak semua yoghurt boleh dikonsumsi oleh wanita hamil, terutama saat masih berada di trimester pertama.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menjelaskan yoghurt atau susu fermentasi berdasarkan bahan dasarnya dapat dibagi menjadi yoghurt dari susu sapi, dari susu kambing, dari susu kedelai. Sementara dari rasa kebanyakan plain, dan juga rasa buah lain seperti mangga dan strawbery.

"Tentunya dalam fermentasi susu sering menggunakan bakteri yang baik (probiotik) seperti lactobasilus dan bifidobacterium, tapi umumnya untuk food, susu probiotik yang digunakan untuk yoghurt adalah lactobasilus. Sedangkan menurut bentuknya ada yang bentuk cair atau susu, ada yang bentuk gel, ada yang cream dan bentuk powder," jelas dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Namun, pastikan ibu hamil memilih yogurt yang terbuat dari susu yang dipasteurisasi. Pasteurisasi merupakan sterilisasi kuman melalui pemanasan pada suhu 60-70 derajat celcius selama 30 menit dengan tujuan membunuh bakteri pathogen yang ada pada susu murni. Hal ini bertujuan agar tidak ada bakteri yang mengganggu pada perkembangan janin.

"Pada dasarnya semua yoghurt boleh, baik dan aman dikonsumsi oleh wanita hamil, terutama yang memang yoghurt berbahan dasar susu dan diperuntukan buat wanita hamil," jelasnya.

Selain itu, dr Muliaman menyarankan agar tidak mengonsumsi yoghurt secara berlebihan sampai lebih dari 700 gram per hari. Yoghurt yang dikonsumsi pun tidak mengandung lemak berlebih meskipun wanita hamil memang tetap membutuhkan lemak dalam jumlah yang aman.

"Tentunya yoghurt khusus wanita hamil ini aman dan bermanfaat buat janin karena biasanya diperkaya dengan nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi folat, omega 3, dan rendah lemak," jelas dr Muliaman.

Biar makan yoghurt tetap enak dan bernutrisi, wanita hamil bisa mengonsumsi PRENAGEN Yoghurt Strawberry Blush sebagai asupan nutrisi segar di masa kehamilan. Susu ini merupakan jenis susu bubuk berbahan dasar susu fermentasi (acidified milk) yang dapat juga dilarutkan dengan air dingin. PRENAGEN yogurt Strawberry Blush memastikan kelengkapan nutrisi harian yang dibutuhkan ibu dan Si Kecil.



Simak Video "Proyek 'Dum-Duum', Langkah Polewali Mandar Cegah Kematian Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)