Sabtu, 28 Mar 2020 10:02 WIB

Wadidaw! Ini Tanda Kamu Harus Waspada Kolesterol Tinggi

Faidah Umu Sorufuroh - detikHealth
Sakit leher Foto: Shutterstock
Jakarta -

Banyak orang tidak menyadari bahwa kolesterol dalam tubuhnya tidak normal. Ketika kadar kolesterol sangat tinggi barulah mereka merasakan efeknya. Untuk menghindari hal itu, kamu harus mengenali ciri dan gejala kolesterol tinggi.

Kolesterol memang dibutuhkan di dalam tubuh, tapi jika kadar kolesterol jahat (LDL) terlalu tinggi maka itu bisa berakibat fatal karena dapat menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke jantung.

Hasil dari efek kolesterol tinggi yakni kamu bisa terkena penyakit atau serangan jantung. Nah, agar hal itu tidak terjadi, berikut tanda kamu harus waspada terhadap kolesterol tinggi.

Badan Mudah Lelah

Meski kadar kolesterol yang tinggi jarang terdeteksi kecuali dari hasil pemeriksaan darah, tapi dalam beberapa kasus, kolesterol juga menunjukkan gejala, salah satunya yakni tubuh cepat lelah hingga mudah mengantuk.

Sakit Kepala

Ciri lain kolesterol mulai tinggi yakni sakit kepala di bagian belakang. Rasa sakitnya akan sangat mengganggu dan terasa berat. Sakit kepala ini akan berlangsung membaik seiring dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah.

Nyeri Dada

Kolesterol dapat menimbulkan plak di dalam pembuluh darah. Penumpukan plak ini akan menghambat aliran darah ke jantung. Jika terjadi penyumbatan total, maka akan menyebabkan terjadinya serangan jantung. Itulah mengapa dada sering terasa nyeri saat kolesterol tinggi karena aliran darah ke jantung tidak normal.

Nyeri Tengkuk

Tak cuma sakit kepala dan nyeri dada, kolesterol jahat yang tinggi juga bisa menyebabkan nyeri otot dan syaraf, terutama di bagian tengkuk. Nyeri di tengkuk ini bisa disebabkan karena penumpukan plak yang menghalangi aliran darah yang ada di leher menuju otak.

Jika tanda-tanda tersebut sering kamu rasakan, ada baiknya kamu cek dan konsultasikan ke dokter. Sebab, kolesterol jahat yang tinggi akan sangat berbahaya bagi tubuhmu. Jika kamu merasa 'saya sudah tahu bahaya kolesterol tinggi', maka segera turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuhmu.

Beberapa cara menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh antara lain dengan menghindari makanan berlemak, junk food, karena makanan tersebut merupakan penyebab kolesterol, dan juga bantu dengan minum Nestle ACTICOR.

Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan
Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu. Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak.

Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Tak hanya itu, Nestle ACTICOR juga bisa menjadi sumber vitamin B1 dan B2. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Mulai hari ini, yuk minum Nestle ACTICOR setiap hari.

(prf/ega)