Sabtu, 28 Mar 2020 14:30 WIB

Duh, Cemas dan Stres karena Wabah Corona Bisa Turunkan Imunitas Tubuh

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi stres Ahli jiwa sebut stres dan cemas bisa turunkan imunitas tubuh. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Meningkatnya kasus corona di Indonesia dari hari ke hari membuat sebagian orang merasa cemas bahkan stres. Padahal keduanya disebut bisa turunkan imunitas tubuh lho. Mengapa begitu?

Psikiater dari RS Jiwa Marzoeki Mahdi, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, menjelaskan hormon stres yang disebut kortisol bisa menjadi faktor imunitas tubuh menurun.

"Hormon stres yang muncul karena paparan (informasi) yang berlebihan tentang virus corona COVID-19 tadi, (hormon stres) itu namanya kortisol, kortisol itu menyebabkan kematian sel-sel tubuh," ungkapnya saat dihubungi detikcom Sabtu (28/3/2020).

Menurut dr Lahargo, sikap mental seseorang yang menghadapi fenomena virus corona COVID-19 dengan reaktif juga bisa berujung stres. Misalnya orang tersebut langsung memborong masker dan sembako, sikap reaktif ini lah yang bisa berujung stres.

"Kematian sel-sel tubuh ini yang menyebabkan imunitas atau kekebalan menjadi menurun. Jadi juga ada hormon yang namanya endorfin itu sebenarnya hormon yang bikin gembira, senang, itu menjadi tertekan karena si kortisol ini," tutupnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)