Sabtu, 28 Mar 2020 18:00 WIB

Jubir RI: Cegah Corona Lebih Efektif Pakai Sabun daripada Hand Sanitizer

Ayunda Septiani - detikHealth
Cuci Tangan Jubir pemerintah dalam penanganan COVID-19 tegaskan cuci tangan pakai sabun lebih efektif. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Pemerintah mengumumkan pasien meninggal akibat virus Corona (COVID-19) sebanyak 87 orang. Hingga hari ini Jumat (28/3/2020) jumlah kasus positif mencapai 1.155 kasus, dengan jumlah kasus meninggal menjadi 102 orang.

Juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona COVID-19, dr Achmad Yurianto, mengatakan bahwa ada hal yang paling penting untuk memutus rantai penyebaran virus corona yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun, tidak dengan hand sanitizer.

"Mencuci tangan dengan sabun, sehingga tidak ada alasan bahwa harus menggunakan hand sanitizer, dengan sabun sudah sangat efektif pada air yang mengalir," jelasnya saat melakukan konferensi pers di BNPB pada Jumat (28/3/2020).

Yuri pun menyarankan untuk mencuci tangan dahulu sebelum melakukan aktivitas seperti, mencuci tangan sebelum makan dan sebelum menyentuh mata.

"Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan, sebelum minum, sebelum menyentuh mulut, sebelum hidung, dan sebelum menyentuh mata," kata Yuri.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)