Minggu, 29 Mar 2020 06:30 WIB

Pria Ini Mengalami 2 Pandemi Semasa Hidupnya, Kini Sembuh dari Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Italia jadi salah satu negara dengan jumlah kasus COVID-19 yang cukup tinggi di luar China. Petugas medis di negara itu bahu membahu rawat pasien virus corona. Hadapi pandemi virus corona COVID-19, Italia mencatatkan angka kematian tertinggi yakni di atas 10 persen (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Seorang pria 101 tahun di Italia dinyatakan sembuh dari virus corona COVID-19. Semasa hidup ia mengalami 2 pandemi karena lahir saat flu spanyol menewaskan 50 juta penduduk dunia.

Pria asal Rimini di timur laut Italia ini lahir pada 1919 saat dunia tengah bergelut dengan wabah mematikan flu spanyol. Saat ini ia menjadi pasien tertua yang sembuh dari COVID-19, pandemi kedua dalam hidupnya.

Pandemi flu spanyol yang terjadi pada 1918-1919 merupakan salah satu pandemi terburuk dalam sejarah manusia. Sekitar 50 juta orang di seluruh dunia tewas dan sepertiga penduduk dunia terinfeksi penyakit ini.

Wakil Wali Kota Rimini, Gloria Lisi, mengatakan pria yang disebut sebagai Mr P ini dipulangkan dari rumah sakit awal pekan ini dan telah kembali ke keluarganya. Kesembuhannya jadi sorotan karena biasanya lansia rentan mengalami dampak fatal dari virus corona.

Dikutip dari Dailymail, hampir 86 persen kematian pada pasien virus corona terjadi pada pasien di atas usia 70 tahun. Italia menjadi negara dengan tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) tertinggi di dunia yakni 10,56 persen karena populasinya didominasi lansia.



Simak Video "WHO Minta Tiap Negara Transparan soal Kasus COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)