Minggu, 29 Mar 2020 11:20 WIB

Obat Leronlimab Diklaim Dapat Bantu Obati Pasien Corona yang Kritis

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
ilustrasi obat Banyak obat diklaim bisa sembuhkan corona, namun belum ada yang benar-benar teruji. (Foto: iStock)
Jakarta -

Setelah avigan dan klorokuin, kali ini muncul obat yang diklaim dapat menyembuhkan seseorang yang terinfeksi virus corona COVID-19. Obat yang bernama leronlimab ini biasa digunakan untuk mengobati pasien HIV dan kanker payudara.

Dilansir dari Daily Mail, dua pasien yang terinfeksi virus corona di New York, Amerika Serikat pulih setelah mengonsumsi leronlimab. Bahkan keduanya dapat melepas penggunaan ventilator dari ICU ke ruangan biasa hanya dalam hitungan hari.

Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan bioteknologi CytoDyn percaya leronlimab memiliki potensi untuk mengobati pasien corona COVID-19 yang sedang dalam keadaan kritis. Para peneliti dari CytoDyn mengatakan obat ini bermanfaat untuk menyembuhkan pasien tetapi bukan untuk antivirus.

Hingga saat ini belum ada obat yang secara pasti disetujui untuk mengobati virus corona ini. Para ilmuwan, universitas, dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sedang berlomba menguji serta mengembangkan obat yang dapat menyembuhkan virus yang sudah menjangkiti 201 negara di dunia.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)