Minggu, 29 Mar 2020 12:13 WIB

Manfaat Daun Sirih: Penyembuh Luka Hingga Redakan Batuk

Lusiana Mustinda - detikHealth
The betel or Piper betle in West Java, Indonesia. Betel leaf is mostly consumed in Asia, as betel quid or in paan, with Areca nut and/or tobacco. Manfaat daun sirih. Foto: Getty Images/iStockphoto/JokoHarismoyo
Jakarta -

Daun sirih secara tradisional sering dimanfaatkan untuk pengobatan. Ekstrak daunnya mengandung senyawa tertentu dapat mengobati diabetes, infeksi gigi dan redakan batuk.

Daun sirih hijau ataupun daun sirih merah mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri, antiprotozoa dan antijamur.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang dilansir dalam Stylecraze:

1. Membantu Mengelola Diabetes

Manfaat daun sirih merah salah satunya adalah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Daun sirih merah juga mengandung molekul aktif yang disebut dengan tanin yang memiliki sifat antidiabetes.

Alkaloid dalam sirih dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus. Daun ini juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul ini dapat melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan radikal bebas.

Daun sirih.Daun sirih. Foto: Istimewa

2. Tingkatkan Kesehatan Gigi

Daun sirih dapat mencegah infeksi mulut sehingga dapat meningkatkan kesehatan gigi. Untuk mengurangi infeksi gigi, daun sirih direbus dan airnya dijadikan sebagai obat kumur.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Stres oksidatif yang tinggi yaitu radikal bebas di tubuh dapat menunda penyembuhan luka. Penyembuhan luka yang tertunda adalah salah satu komplikasi kritis yang terlihat dari diabetes tipe 1.

Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan meningkatkan aktivitas enzim mengambilan radikal bebas dalam tubuh seperti superoksida dismutase dan katalase.

Daun sirih.Daun sirih. Foto: thinkstock

4. Mengurangi Batuk

Manfaat daun sirih untuk kesehatan salah satunya adalah dapat meredakan batuk. Daun-daun direndam dalam minyak olive oil dan dioleskan ke dada untuk mengurangi hidung tersumbat.

Sari dari jus daun sirih yang dicampur dengan madu dapat diberikan pada anak-anak untuk menghilangkan dahak.

5. Atasi Keputihan

Air rebusan daun sirih dipercaya dapat mengatasi keputihan. Cara penggunaannya adalah bisa diminum air rebusannya atau dibasuh ke area organ intim yang mengalami keputihan. Daun sirih dapat mengurangi pertumbuhan jamur, virus hingga bakteri.



Simak Video "Imunitas Tiap Orang Berbeda, Perhatikan Faktor yang Memengaruhinya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)