Minggu, 29 Mar 2020 17:55 WIB

Mau Belanja ke Pasar Tapi Takut Corona? Ini Tips dari Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
pasar tradisional surabaya Cegah penularan corona di pasar. (Foto: Esti Widiyana)
Jakarta -

Maraknya penyebaran virus corona di Indonesia mendorong pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap di rumah dan tidak beraktivitas di luar ruangan. Lantas bagaimana jika ingin membeli persediaan bahan makanan di pasar?

Menurut dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Diana Suganda, MKes, SpGK, saat ini sudah banyak pasar yang menyediakan fasilitas kebersihan untuk mencegah penularan virus corona.

"Biasanya mau di pasar tradisional atau modern itu mereka menyediakan hand sanitizer atau ada keran air dan sabun," kata dr Diana, Minggu (29/3/2020).

Meskipun begitu, dr Diana menyarankan agar menyiapkan dompet khusus berupa plastik untuk menyimpan uang saat berbelanja di pasar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko bersarangnya virus dan kuman di dalam dompet.

"Saranku juga pakai dompet khusus kalau ke pasar. Karena nggak mungkin pakai gesek ya (kartu debit) dan biasanya pakai uang," jelasnya.

"Nah uangnya itu di plastik sendiri dan jangan masuk ke dompet jadi nggak kotor," lanjutnya.

dr Diana juga mengimbau untuk tetap menjaga jarak bagi masyarakat yang ingin berbelanja di pasar, karena risiko penularan virus corona bisa terjadi di mana saja.

"Tetap jaga jarak, terus rutin cuci tangan dan pas sampai rumah langsung cuci tangan lagi," tuturnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)