Senin, 30 Mar 2020 11:21 WIB

Bukan Disemprot ke Tubuh, Gugus Tugas COVID-19 Ungkap Cara Pakai Disinfektan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemkab Boyolali membuat bilik sterilisasi atau ruangan khusus untuk penyemprotan disinfektan. Begini bentuk bilik sterilisasi dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Bilik disinfektan tidak efektif cegah corona. (Foto: Ragil Ajiyanto)
Jakarta -

Secara umum, cairan disinfektan bisa membersihkan virus pada permukaan benda-benda seperti di baju. Namun Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prof Wiku B. Adisasmito, menyebut cairan disinfektan tidak akan melindungi Anda dari virus corona jika berkontak erat dengan orang sakit, jadi sifatnya hanya sementara.

"Disinfektan ini adalah senyawa kimia yang digunakan untuk proses dekontaminasi yang membunuh mikroorganisme, virus atau bakteri, pada objek permukaan benda mati seperti lantai, meja, atau permukaan lain yang sering disentuh, peralatan medis," sebut Prof Wiku dalam konferensi pers dalam jaringan di BNPB, Senin (30/3/2020).

Dalam rangka pencegahan COVID-19, penggunaan cairan disinfektan di area publik, pasar, tempat ibadah, sekolah, dan rumah makan, diperbolehkan namun tetap perlu memperhatikan kompsisi dan jenis bahan disinfektan. Tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan seperti fogging karena dapat menimbulkan iritasi kulit bahkan mengganggu pernapasan.

"Penggunaan disinfektan dengan ruang chamber atau penyemprotan langsung ke tubuh manusia tidak direkomendasikan karena berbahaya bagi kulit, mulut, dan mata," tegasnya.

"Penggunaan dengan UV light, dalam konsenteasi berlebihan, mempunyai potensi jangka panjang dalam menimbulkan kanker kulit," sambungnya.

Penggunaan cairan disinfektan yang paling tepat dilakukan spesifik pada lokasi dan benda-benda yaitu lantai, kursi, meja, gagang pintu, toblok lift, handle eskalator, mesin ATM, etalase, atau wastafel. Setelah menyemprotkan permukaan benda, sebaiknya satu menit, dilakukan pengelapan permukaan menggunakan sarung tangan.

Selain itu, Prof Wiku juga mengingatkan untuk selalu mencuci tangan, hindari menyentuh area wajah, dan segera mandi ketika sampai di rumah.

"Cuci pakaian dengan sabun, dan menyetrika lalu diberi cairan disinfektan saat disetrika," pungkasnya.



Simak Video "Cegah Corona, Ini Tips Bikin Cairan Disinfektan dari Bumbu Dapur"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)