Senin, 30 Mar 2020 18:45 WIB

Heboh Rencana Karantina Wilayah, 6 Daerah Ini Sudah Duluan Memulainya

Anjar Mahardhika - detikHealth
Dua hari menjelang local lockdown di Kota Tegal, MBC beton mulai datang dan siap dipasang. Beton tersebut akan digunakan untuk memblokir jalan akses masuk ke Kota Tegal. Beton yang dipersiapkan untuk karantina wilayah di Tegal (Foto: Imam Suripto)
Jakarta -

Pemerintah mengumumkan pasien positif virus corona (COVID-19) di Indonesia total sebanyak 1.414 orang. Hingga hari ini Senin (30/3/2020) jumlah kasus meninggal menjadi 122 orang.

Sejumlah daerah bahkan sudah memberlakukan karantina wilayah untuk menekan potensi penyebaran virus. Adapula yang masih dalam tahap skenario menuju karantina wilayah.

Berikut daftar daerah yang memberlakukan 'karantina wilayah' yang sudah dirangkum detikcom pada Senin (23/3/2020):

1. Papua

Diketahui, Provinsi Papua telah lebih dulu melakukan penutupan akses keluar-masuk dari pintu laut (pelabuhan), udara (bandara), maupun darat, termasuk Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Penutupan ini berlaku sejak 26 Maret hingga 8 April 2020.

Keputusan penutupan merupakan hasil kesepakatan bersama, yang dipimpin oleh Gubernur Lukas Enembe dan diteken oleh Kapolda Papua hingga Pangdam Cenderawasih, pada Selasa (24/3/2020).

2. Tegal

Di Kota Tegal, mekanisme isolasi wilayah atau karantina wilayah akan mulai diterapkan pada Senin 30 Maret 2020. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono menyebut, hal ini dilakukan untuk melindungi warga Tegal dari COVID-19.

"Isolasi wilayah ini untuk melindungi warga Kota Tegal dari penularan Corona," kata Dedy, Sabtu (28/3/2020).

3. Tasikmalaya

Untuk daerah Tasikmalaya, penerapan karantina wilayah akan dimulai pada Selasa 31 Maret 2020. Pemkot Tasikmalaya menyebut pihaknya akan meminimalisir masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman.

"Kita meminimalisir yang mudik dan pulang kampung karena banyak sekali sekarang pabrik yang tutup di Jabodetabek dan sebagainya. Kami sepakati rencana Selasa (31 Maret) akan karantina wilayah," kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, Sabtu (28/3/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lockdown Berakhir, China Kini Hadapi Gelombang Kedua Corona"
[Gambas:Video 20detik]