Selasa, 31 Mar 2020 10:00 WIB

Kisah Pasien Berusia 102 Tahun yang Sembuh dari Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Lansia Pasien berusia 102 tahun dinyatakan sembuh dari virus corona. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Seorang wanita berusia 102 tahun dinyatakan sembuh dari virus corona COVID-19. Wanita tersebut berasal dari kota Genoa, Italia.

Dalam sebuah wawancara bersama CNN, dokter yang merawat nenek itu mengatakan awalnya ia dibawa ke rumah sakit awal Maret karena menunjukkan gejala virus corona COVID-19. Ia dibawa ke rumah sakit San Martino di Genoa.

"Dia hanya memiliki beberapa gejala virus corona ringan, jadi kami mengujinya dan dia positif," jelas dr Vera Sicbaldi yang merawat wanita tersebut, dikutip dari CNN pada Selasa (31/3/2020).

Setelah melakukan perawatan di rumah sakit, wanita tersebut dilaporkan sembuh dengan sendirinya. Bahkan wanita yang bernama Italica Grondona ini dijuluki 'highlander' yang diartikan sebagai orang yang abadi.

"Dia sembuh sendiri, kami menjulukinya 'Highlander' yang abadi," tambah Sicbaldi.

Dokter yang merawat wanita tersebut juga berharap hal ini menjadi harapan banyak bagi seluruh lansia yang tengah berjuang menghadapi pandemi. Selain itu ia juga diketahui sebagai pasien yang telah melewati pandemi flu sebelumnya. Sicbaldi pun terkesan dengan kesembuhan wanita ini dan tengah mempelajarinya kasusnya lebih dalam.

"Italica mewakili harapan bagi semua lansia yang menghadapi pandemi ini," tambah Sicbaldi.

Wanita tersebut meninggalkan rumah sakit pada Kamis (26/3/2020) lalu dan sekarang akan menghabiskan waktu untuk pulih dengan perawatan di rumah.
"Saya tidak tahu apa rahasianya, tetapi saya tahu dia adalah wanita yang bebas dan mandiri," kata keponakannya Renato Villa Grondona kepada CNN.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)