Selasa, 31 Mar 2020 11:03 WIB

Cara Agar Vitamin C Dapat Diserap Maksimal oleh Tubuh

Abu Ubaidillah - detikHealth
Ilustrasi Vitamin C Foto: shutterstock
Jakarta -

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk berbagai fungsi, termasuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, produksi kolagen dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tidak hanya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, melainkan harus dipastikan vitamin C benar-benar terserap secara maksimal.

Penyerapan vitamin C yang tidak maksimal mendorong peningkatan risiko berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit tersebut antara lain penyakit kardiovaskular, penuaan dini, peningkatan respons stres, produksi energi yang buruk, hingga sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan mengakibatkan tubuh mudah terjangkit virus berbahaya.

Bersumber dari Livestrong, cara terbaik untuk menyerap kandungan vitamin C pada makanan adalah dengan mengonsumsinya secara langsung melalui mulut agar vitamin C dapat diserap melalui selaput lendir mulut, lambung, dan bagian atas usus kecil.

Namun cara tersebut memiliki kekurangan, yakni semakin besar dosis makanan sumber vitamin C yang dikonsumsi, semakin sedikit vitamin C yang dapat diserap oleh tubuh. Seperti ketika mengonsumsi di bawah 250 mg vitamin C, maka yang akan diserap sekitar 80%. Namun jika lebih dari 250 mg, vitamin C yang diserap hanya sekitar 50%.

Cara lain agar vitamin C dapat diserap oleh tubuh adalah melalui suntikan. Tubuh lebih mampu menyerap vitamin C dosis besar melalui suntikan ke dalam aliran darah. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan sendiri, melainkan harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang terpercaya.

Terakhir, penyerapan vitamin C agar maksimal yang lebih aman dapat dilakukan dengan meminumnya bersama bioflavonoid. Flavonoid diperlukan ketika mengonsumsi vitamin C untuk penyerapan dan pemanfaatan vitamin C yang tepat oleh tubuh.

Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, Anda bisa memilih Blackmores Bio C yang mengandung Citrus Bioflavonoid untuk membantu penyerapan vitamin C. Selain itu juga mengandung antioksidan alami lainnnya seperti rutin, hesperidin, ekstrak rosehips, dan acerola. Dengan begitu, mengonsumsi Blackmores Bio C tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh, melainkan juga dapat membuat vitamin C diserap maksimal oleh tubuh.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)