Selasa, 31 Mar 2020 12:36 WIB

Delivery Makanan Saat Isolasi? Lakukan 3 Tips Ini untuk Cegah Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Pizza Delivery. Courier Giving Woman Boxes With Food Outdoors. Client Receiving Order. High Resolution Ketahui cara aman pesan makanan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Delivery makanan telah menjadi andalan bagi sebagian orang, terlebih saat ini pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap di rumah dan tidak beraktivitas di luar ruangan untuk memutus penyebaran virus corona COVID-19 di Indonesia.

Meski tidak harus keluar rumah, pesan makanan lewat jasa delivery memungkinkan terjadinya kontak dekat dengan petugas. Risiko penularan bisa saja terjadi bila salah satu di antaranya terkontaminasi, atau tiba-tiba batuk. Hal yang sama berlaku ketika bertemu dengan siapapun dalam situasi seperti saat ini.

Lantas bagaimana cara aman jika membutuhkan jasa delivery makanan?

Berikut ini adalah tips delivery makanan yang aman agar terhindar dari infeksi virus corona, seperti dikutip dari BBC.

1. Jaga jarak dengan kurir

Risiko kontaminasi virus corona kemungkinan bisa terjadi melalui permukaan kemasan makanan atau bahkan kurir pengantarnya. Maka dari itu sebaiknya menjaga jarak dengan sang kurir ketika makanan sudah sampai.

Seorang pakar keamanan pangan, Dr Lisa Ackerley menyarankan untuk meninggalkan pesan di depan pintu rumah, memintanya untuk membunyikan bel dan mundur beberapa langkah. Ini memungkinkan kamu untuk menjaga jarak dengannya saat mengambil makanan yang di antar.

2. Pindahkan makanan ke piring bersih

Menurut Prof Sally Bloomfield dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, sebelum dikonsumsi sebaiknya makanan dipindahkan terlebih dahulu ke dalam piring bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi kuman atau virus.

"Pindahkan makanan ke piring bersih. Lalu buang kemasan ke dalam tempat sampah dan cuci tangan dengan benar sebelum makan," ucapnya.

3.Cuci tangan pakai sabun

Risiko penularan terbesar virus corona itu berasal dari tangan. Walaupun sudah mencuci tangan sebelum makan, alangkah baiknya untuk menggunakan sendok dan garpu untuk meminimalisir infeksi.

"Makanlah dengan pisau dan garpu atau sendok, bukan dengan jarimu," jelas Prof Bloomfield.



Simak Video "WHO Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi Sejak Wabah Corona Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)