Selasa, 31 Mar 2020 14:07 WIB

Nyeri Ulu Hati Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius?

Abu Ubaidillah - detikHealth
Ilustrasi Sakit Maag Foto: shutterstock
Jakarta -

Nyeri ulu hati bisa menyerang siapa saja. Karena sudah terbiasa, seseorang hanya menganggap nyeri ulu hati adalah penyakit yang mudah hilang. Namun tahukah Anda ternyata nyeri ulu hati dapat menjadi indikasi penyakit serius seperti hernia hiatal atau esofagitis seperti dikutip dari The Health.

Hernia hiatal merupakan gejala di mana sebagian perut terdorong ke dalam rongga dada (diafragma) dan menyebabkan makanan kembali ke kerongkongan. Apabila Anda merasa memiliki gejala mulas yang persisten atau parah, bisa jadi ini adalah indikasi hernia hiatal.

Sedangkan esofagitis merupakan gejala peradangan pada kerongkongan yang sering disebabkan oleh asam lambung. Gejala ini menyebabkan nyeri dada, lambung, hingga sulit menelan makanan. Gejalanya mirip flu disertai dengan sesak nafas atau nyeri dada tak lama setelah makan.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi menambahkan, nyeri ulu hati sering pula dikaitkan dengan gangguan pada saluran pencernaan manusia.

"Nyeri ulu hati seringkali dihubungkan dengan gangguan di sekitar saluran pencernaan seperti lambung, empedu, pankreas, liver, dan usus 12 jari," ujar dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.

dr Helmin menjelaskan gangguan lambung tidak memberi efek buruk secara mendadak, namun apabila dibiarkan lebih lama maka dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Ia menganjurkan untuk segera konsultasi ke dokter apabila merasa nyeri yang hebat.

"Kasus yang dapat memburuk dengan cepat seperti batu empedu biasanya nyerinya lebih hebat dan harus segera konsultasi dengan dokter," lanjut dr Helmin.

Ia menambahkan, menjaga pola makan sangat penting karena dengan frekuensi makan yang teratur akan menghindarkan lambung dari berbagai macam gangguan. Makanan yang dianjurkan oleh dr Helmin untuk dikonsumsi adalah makanan yang tidak merangsang produksi asam lambung.

"Hindari makanan yang asam-asam dan pedas, makan harus teratur, hindari minuman bersoda dan kurangi kopi," lanjut dr Helmin.

dr Helmin menganjurkan apabila nyeri ulu hati sebelum dikonsultasikan ke dokter, untuk pertolongan pertama nyeri ulu hati yang diakibatkan oleh gangguan lambung maka dapat diatasi dengan obat maag.

Salah satu obat maag yang dapat meredakan nyeri ulu hati pada anak-anak dan dewasa agar terhidar dari berbagai penyakit serius adalah Promag. Promag didukung dengan formula hydrotalcite, magnesium hidroksida dan simetikon yang bekerja cepat meringankan sakit maag.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)