Selasa, 31 Mar 2020 15:07 WIB

Petinggi WHO Sebut Main Game Bisa Redakan Kecemasan Akibat Wabah Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menggantikan Margaret Chan. Petinggi WHO sebut bermain game bisa atasi stres akibat corona. (Foto: REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta -

Pandemi virus corona membuat kebanyakan orang yang harus tinggal di rumah menjadi cemas dan stres melihat pemberitaan COVID-19 yang tak kunjung reda. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarakankan bermain game di waktu luang saat pandemi virus corona selama physical distancing untuk usir dan meredakan kecemasan.

Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, melalui posting-an di akun Twitter pribadinya. Selain bermain game, ada beberapa aktivitas yang ia sarankan untuk mengusir kebosanan.

"Dengarkan musik, baca buku atau main game," tulisnya.

"Coba untuk tidak membaca atau menonton terlalu banyak berita jika hal tersebut membuatmu cemas. Baca informasi COVID-19 dari sumber terpercaya satu atau dua kali sehari," ujarnya kemudian.

Selain itu, untuk mendorong rekomendasi dan aturan jaga jarak, Duta Besar WHO, Ray Chambers, juga mengatakan bermain game bisa membantu menelamatkan nyawa dengan mempraktikkan jarak sosial selama di rumah.

"Kita berada di momen paling krusial dalam menentukan hasil akhir pandemi ini. Perusahaan industri game mendorong untuk #PlayApartTogether. Lebih jauh jarak fisiknya maka akan membantu menyelamatkan nyawa," tulis Chambers di akun Twitter pribadinya.

Chambers, menggunakan tagar #PlayApartTogether sebagai bagian dari gerakan yang tumbuh untuk membantu mempersatukan orang di seluruh dunia, terutama mereka yang terpengaruh secara mental oleh jarak sosial.

Bermain game juga bisa menjadi hobi yang 'sehat' bagi orang-orang selama karantina karena membantu menghilangkan stres dan kekhawatiran, dan memberikan pelarian yang sangat dibutuhkan dari ketidakpastian yang saat ini sedang dialami dunia.



Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)