Selasa, 31 Mar 2020 16:39 WIB

Waspada! Area Rumah Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit Batuk

Abu Ubaidillah - detikHealth
Batuk Foto: shutterstock
Jakarta -

Salah satu kriteria rumah nyaman dan sehat adalah yang bersih dari kotoran, debu, dan kuman. Sebab, rumah yang saat ini digunakan sebagai tempat bekerja (work from home) ini terdapat titik area yang dapat menjadi sumber munculnya berbagai penyakit, termasuk batuk.

Medical Manager Consumer Health Division Kalbe Farma dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan debu dan kotoran yang masuk ke saluran pernapasan merupakan benda asing. Tubuh akan merespons dengan refleks batuk apabila benda-benda asing masuk ke saluran pernapasan.

"Jika jumlahnya banyak dan berlangsung lama dapat menyebabkan batuk berkepanjangan, namun pada orang yang alergi, terpapar sedikit pun sudah memicu batuk yang berlebihan," ujar dr Helmin kepada detikHealth, baru-baru ini.

dr Helmin menambahkan, apabila benda-benda asing yang masuk ke saluran pernapasan ditumpangi infeksi kuman, maka batuk dapat menjadi berkepanjangan dan penanganannya akan semakin sulit.

"Lingkungan harus bersih dari debu dan kotoran, jika terpapar hal tersebut gunakan masker," lanjut dr. Helmin.

Dilansir dari HGTV, ada beberapa tempat di rumah yang jarang dibersihkan sehingga membuat debu dan kotoran menumpuk pada area tersebut, lalu kemudian menyebabkan debu dan kotoran masuk ke hidung dan menyebabkan batuk. Adapun tempat-tempatnya adalah sebagai berikut:

Sakelar Lampu

Sakelar lampu merupakan salah satu benda paling kotor di rumah Anda karena jarang dibersihkan sehingga debu dan kotoran sangat berpotensi menumpuk pada area tersebut. Untuk membersihkannya, gunakan kain yang dibasahi air seadanya, kemudian seka secara perlahan dan jangan terlalu berlebihan.

Dinding

Dinding juga menjadi salah satu area yang jarang dibersihkan, debu dan kotoran sangat mudah menempel. Terutama di bagian atas, di beberapa bagian bahkan debu dan kotoran sudah menumpuk lebih tebal. Gunakan kain dan cairan pembersih untuk membersihkan dinding secara menyeluruh.

Pagar Tangga

Banyak tangan menyentuh pagar tangga, jadi tentu saja banyak kotoran menempel pada area tersebut. Bahkan, di pagar tangga juga terdapat banyak bakteri seperti E.coli, staph, dan macam-macam virus. Sangat dianjurkan membersihkan tangga sebulan sekali menggunakan cairan pembersih.

Kasur

Setiap hari manusia menggunakan kasur untuk tidur, oleh karena itu kasur akan menyerap berbagai kotoran, debu, keringat, bahkan noda dari makanan dan minuman yang dikonsumsi di atas kasur. Sangat penting untuk membersihkan kasur setiap 6 bulan sekali. Selain itu, bersihkan pula bagian bawah kasur yang sulit terjangkau oleh sapu.

Sangat baik untuk membersihkan rumah pada area-area tersebut agar debu dan kotoran hilang dari rumah sehingga kegiatan work from home dapat lebih nyaman tanpa ancaman batuk. Apabila batuk menyerang saluran pernapasan dapat diatasi dengan minum Woods.

Woods adalah obat cair yang dapat mengatasi batuk. Kandungan peppermint yang ada di dalamnya bisa mengatasi permasalahan di tenggorokan. Selain itu, guaiphenesin yang terkandung di dalamnya bermanfaat mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

(akn/ega)