Rabu, 01 Apr 2020 06:09 WIB

Virus Corona Bisa Menempel di Sepatu, Begini Membersihkannya

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi tali sepatu lepas Virus corona COVID-19 bisa menempel di sepatu (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Para ahli kesehatan telah mengatakan bahwa virus corona COVID-19 bisa bertahan di permukaan benda hingga plastik. Karena itu, kita perlu menjaga kebersihan diri sendiri dan benda-benda di rumah selama mengisolasi diri sendiri.

Kita juga perlu memperhatikan sepatu dan sandal setelah bepergian karena virus corona COVID-19 juga bisa bertahan di sepatu.

Dikutip dari Daily Star, virus bisa menular dan menyebar dari alas kaki yang kita gunakan ke kantor, swalayan, naik angkutan umum dan lainnya. Karena, virus corona COVID-19 bisa bertahan di kain sintetis yang biasanya merupakan bahan dasar dari sepatu selama 5 hari.

Dr Mary E. Schmidt mengatakan, bahwa virus corona COVID-19 bisa bertahan hidup di sepatu dan alas kaki lain selama 5 hari atau lebih. Sehingga ia menyarankan untuk meninggalkan alas kaki di luar pintu untuk mencegah virus corona menyebar dan mengkontaminasi isi dalam rumah.

Carole Winner, spesialis kesehatan masyarakat di Kansas City juga merekomendasikan hal yang sama seperti dr Mary.

"Cara ini untuk mencegah mereka yang di dalam rumah tertular virus corona COVID-19," jelasnya.

Selain meletakkannya di luar, kamu juga disarankan mendisinfektan atau mencucinya menggunakan air dan sabun ketika kembali ke rumah. Setelah itu, juga harus mencuci tangan pakai sabun dan air.

Pejabat kesehatan telah merekomendasikan semua orang untuk mencuci tangan selama 20 detik atau setara dengan menyanyikan lagu 'selamat ulang tahun' sebanyak 2 kali.

Pastikan juga tangan kamu bersih sebelum menyentuh wajah, mengambil makanan dan bersentuhan dengan anak kecil atau orang tua.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)