Rabu, 01 Apr 2020 14:15 WIB

7 Hal yang Harus Dilakukan Saat Punya Gejala Ringan Mirip Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi corona 7 hal yang perlu kamu lakukan saat alami gejala ringan virus corona. (Foto: ilustrasi corona)
Jakarta -

Sebagian orang yang memiliki gejala ringan virus corona COVID-19 mungkin akan khawatir dan ingin segera menadapatkan perawatan. Hal ini memang perlu dilakukan apalagi jika kamu memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif corona.

Namun tidak semua orang yang memiliki gejala bisa melakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui apakah kamu benar terinfeksi corona dan segera mendapatkan perawatan. Meski begitu jika kamu memiliki gejala ringan beberapa hal seperti berikut bisa kamu lakukan di rumah, dirangkum detikcom pada Rabu (1/4/2020) dari berbagai sumber:

1. Mengisolasi diri

Jika kamu sudah mengalami gejala ringan seperti flu, demam dan batuk lakukan isolasi diri. Melakukan isolasi diri di rumah bukan berarti kamu tidak melaksanakan social distancing.

Kamu perlu untuk tetap melakukan social distancing dengan menjaga jarak minimal satu meter dari anggota keluarga di rumah selama 14 hari.

2. Minum air yang cukup

Istirahatlah yang cukup di rumah dan minum air yang cukup. Bila tetap merasa tidak nyaman, keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernapas (sesak atau napas cepat), segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

3. Jangan memakai alat makan bersamaan

Saat kamu merasa sakit dan sudah memiliki gejala virus corona COVID-19, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan alat makan bersamaan. Hal ini guna menghindari resiko penularan yang terjadi.

4. Jaga asupan makan

Pastikan kamu mengonsumsi asupan makanan yang sehat dan kaya nutrisi seperti mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan yang kaya akan vitamin untuk mengembalikan imunitas tubuh kembali kuat.

5. Cuci tangan

Cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Lakukan selama 20 detik, jika tidak ada sabun kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60-70 persen.

6. Disinfeksi benda-benda di sekitarmu

Pastikan sesering mungkin bersihkan benda-benda yang sering disentuh menggunakan disinfektan.

7. Segera berobat

Jika kondisi tak kunjung reda segera pergi berobat dengan menggunakan masker, dan menjaga etika batuk. Usahakan tidak menggunakan transportasi massal.



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)