Rabu, 01 Apr 2020 18:37 WIB

Sering-sering Dilap Ya! Benda Sehari-hari Berikut Bisa Jadi Sarang Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom) Benda sehari-hari bisa jadi sarang virus corona. (Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia yang sudah mencapai 1.677 orang pada Rabu (1/4/2020). Pemerintah mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati lagi dalam menjaga kebersihan.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto mengatakan virus corona bisa menginfeksi tanpa harus melakukan kontak langsung dengan pasien penyakit ini.

"Mungkin kita sama sekali tidak melakukan kontak dekat dengan orang yang sakit, tetapi droplet yang ditinggalkan oleh orang sakit di berbagai barang yang lazim digunakan bersama," kata Yuri saat konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020).

"Sebagai contoh misalnya handle pintu, meja atau pegangan kendaraan umum ini sangat mungkin menjadi tempat singgah bagi virus ini," lanjutnya.

Menurutnya jika seseorang menyentuh berbagai benda yang dicontohkan tersebut dan tidak segera mencuci tangan, risiko penularan virus corona akan menjadi lebih besar.

"Karena itu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir minimal 20 detik dan sesering mungkin ini menjadi kunci," tuturnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)