Kamis, 02 Apr 2020 05:35 WIB

Jepang Mulai Uji Coba Avigan untuk Obati Pasien Corona

Anjar Mahardhika - detikHealth
ilustrasi minum obat Uji coba obat virus corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Uji coba di China menunjukkan Avigan dapat berperan dalam mempersingkat waktu pemulihan pasien yang terinfeksi virus corona COVID-19.

Berkaca keberhasilan tersebut, perusahaan asal Jepang Fujifilm akan mulai melakukan uji klinis untuk menguji efektivitas obat anti flu Avigan dalam merawat pasien yang terinfeksi virus corona.

"Uji coba ini akan dilakukan pada 100 pasien terinfeksi sampai akhir Juni. Kami akan mengumpulkan data, menganalisanya, dan mengajukan persetujuan setelah itu," kata juru bicara perusahaan Fujifilm, dikutip dari AFP pada Rabu,(1/4/2020).

Nantinya, obat ini akan diberikan kepada pasien terinfeksi yang berusia 20-74 tahun dengan pneumonia ringan selama 14 hari. Untuk masalah keamanan studi ini tidak akan melibatkan wanita hamil.

"Pemerintah akan memulai proses uji klinis fase ketiga sebelum secara resmi menyetujui avigan sebagai pengobatan untuk pasien yang terinfeksi virus corona," ujar Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (28/3/2020).

Tak hanya Jepang dan China, peneliti dan perusahaan dari seluruh dunia saat ini sedang berlomba mengembangkan obat untuk virus corona COVID-19, dengan fokus ke obat anti malaria dan anti HIV seperti, hydroklorokuin dan klorokuin.



Simak Video "Kenali Avigan dan Klorokuin, Obat yang Disiapkan Jokowi untuk COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)