Kamis, 02 Apr 2020 11:37 WIB

Tes Darah Ini Diklaim Bisa Deteksi Dini Lebih dari 50 Jenis Kanker

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tes darah Di masa depan, kanker mungkin bisa dideteksi dengan tes darah. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Para ilmuwan mengatakan bahwa tes darah bisa memeriksa keberadaan lebih dari 50 jenis kanker di dalam tubuh. Hal ini juga diharapkan bisa membantu untuk mendiagnosis tumor lebih cepat, agar penyembuhan bisa segera dilakukan.

Ter darah ini diklaim bisa mendapatkan lebih dari 99 persen hasil positif dan akurat. Meski begitu, para ahli yang berasal dari Annals of Oncology mengatakan uji coba ini perlu dipelajari lebih dalam lagi. Tapi, bagaimana cara kerjanya?

Tes ini mencari adanya perubahan kimia yang terjadi pada DNA yang bocor dari tumor ke dalam aliran darah. Hal ini telah diuji oleh para peneliti dari Dana-Farber Cancer Institute dan Harvard Medical School, yang bekerja sama dengan The Francis Crick Institute dan University College London.

Mereka menguji lebih dari 4.000 sampel dari pasien. Tes dilakukan untuk mendeteksi lebih dari 50 jenis kanker, di antaranya kanker usus, paru-paru, dan ovarium. Hasil yang didapatkan, pada 96 persen sampel terbukti secara akurat bisa mendeteksi adanya jenis-jenis kanker tersebut.

"Tes darah ini tampaknya memiliki semua fitur yang diperlukan untuk tes skrining multi kanker. Dan berdasarkan validasi klinis yang telah dilakukan, tes ini diluncurkan terbatas hanya pada uji klinis," jelas salah satu peneliti utama, Prof Geoff Oxnard yang dikutip dari BBC.

Kepala program deteksi kanker dini dari Cancer Research Inggris, Dr David Crosby, mengatakan dengan mendeteksi sejak dini, kanker bisa diobati dengan lebih mudah. Inovasi ini juga berpotensi besar untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Menurutnya, akan lebih efisien jika kemampuan tes ini ditingkatkan dan dikembangkan lagi. Tujuannya agar skenario skirining kanker ini bisa segera diterapkan untuk umum.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)