Jumat, 03 Apr 2020 09:05 WIB

Berapa Lama Gejala Virus Corona Akan Muncul Sejak Terinfeksi?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pemeriksaan suhu tubuh giat dilakukan di sejumlah area publik di Jakarta. Para penumpang di Stasiun MRT Lebak Bulus juga turut diperiksa suhu tubuhnya. Virus corona COVID-19 (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pandemi virus corona kini semakin menyebar di berbagai negara. Gejala yang muncul saat seseorang mengalaminya pun berbeda-beda, mulai dari demam, batuk, sesak napas, diare, hingga kehilangan indra penciuman dan perasa.

Tapi, berapa lama gejala itu akan terjadi?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), gejala tersebut diperkirakan akan muncul antara 2-14 hari setelah terinfeksi virus. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, menemukan bahwa 97 persen orang yang terinfeksi akan mengalami gejala selama 11 hari.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata periode inkubasi yang dialami oleh si pasien COVID-19 adalah kurang lebih lima hari. Berarti selama itu orang yang terinfeksi bisa saja menularkan penyakitnya tanpa disadarinya.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, Rumah Sakit Zhongnan, di Wuhan mengidentifikasi pola gejala yang dialami pasien COVID-19. Akhirnya mereka menemukan dua fase gejala, pertama berlangsung selama tujuh hari dan berikutnya dua minggu.

Dikutip dari Daily Star, hari pertama setelah terinfeksi gejala yang muncul kebanyakan seperti demam, batuk, diare, dan mual. Hari selanjutnya, barulah rasa lelah dan sesak napas di tubuh itu mulai muncul.

Bagi ibu menyusui, di hari kelima ia sudah mulai kesulitan memberikan ASI pada bayinya. Sedangkan pada usia lanjut, keluhan yang dirasakan semakin menjadi, ditambah penyakit bawaannya yang sudah dimilikinya lebih dulu.

Namun, menurut penelitian beberapa orang bisa saja mengalami penyakit serius setelah gejala ini terjadi, seperti pneumonia akut. Meski begitu, sekitar 85 persen kasus gejala akan mulai berkurang dan kebanyakan akan hilang setelah tujuh hari.



Simak Video "Kenali Gejala Lain Saat Terinfeksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)