Jumat, 03 Apr 2020 16:55 WIB

Waspada Corona, Jangan Lupakan Ancaman DBD di Musim Pancaroba

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) meningkat di musim hujan. Sejumlah antisipasi pun dilakukan, salah satunya dengan fogging. Fogging untuk mencegah nyamuk demam berdarah dengue (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Indonesia akan memasuki musim pancaroba, atau peralihan antara dua musim. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19 Achmad Yurianto juga mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue.

"Pada musim pancaroba di bulan-bulan April-Mei, secara statistik data kita masih sering menunjukkan peningkatan kasus demam berdarah," ujarnya dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Jumat (3/4/2020).

Demam berdarah ini merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan telah menyebar cepat ke seluruh dunia. Virus ini ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti.

Oleh karena itu, Yuri berharap selama melakukan physical distancing, masyarakat bisa mencegah berkembangnya kasus demam berdarah ini. Ia berharap, jangan sampai keadaan tersebut malah memperburuk keadaan di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Oleh karena itu, jangan sampai ini memperburuk kondisi pandemik COVID-19. Lakukan pembersihan sarang nyamuk di rumah. Waktu kita cukup banyak berada di rumah," tegas Yuri.



Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)