Minggu, 05 Apr 2020 13:00 WIB

Mengenal Klorokuin yang Diminum Andrea Dian dalam Perawatan Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Andrea Dian Mengenal klorokuin yang dikonsumsi Andrea Dian saat perawatan corona. (Foto: Andrea Dian. Instagram)
Jakarta -

Andrea Dian, aktris cantik yang kondisinya telah membaik usai dinyatakan positif corona, membuka sesi tanya jawab di media sosialnya terkait perawatannya di wisma atlet.

Salah satu warganet menanyakan soal pemberian obat-obatan yang ia konsumsi selama di sana. "Selama dirawat aku dapet multivitamin, vitamin C (500 mg), dan empat jenis obat lain, salah satunya chloroquin," jawabnya melalui Instastory @andreadianbimo, dikutip detikcom pada Minggu (5/4/2020).

Salah satu obat yang ia konsumsi adalah klorokuin. Apa itu klorokuin? Yuk simak penjelasannya seperti berikut:

1. Obat antimalaria

Chloroquine Phosphate atau klorokuin merupakan obat antimalaria yang telah digunakan selama lebih dari 70 tahun.

2. Telah diuji klinis di China

Wakil Kepala Pusat Pengembangan Bioteknologi Nasional China, Sun Yanrong dalam konferensi pers, pada Selasa (18/2), menyatakan klorokuin mempunyai efek penyembuhan tertentu pada penyakit virus corona. Hal ini diketahui setelah dilakukannya berbagai macam uji klinis di rumah sakit di China.

Meskipun baru diuji klinis di China dan belum dikonfirmasi oleh dunia sebagai obat virus corona. Klorokuin telah mendapatkan perhatian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan akan dilakukan pengujian terhadap obat tersebut dalam waktu dekat ini.

3. Digunakan di lebih 10 rumah sakit di China

Selama pandemi virus corona berlangsung, klorokuin telah digunakan dalam uji klinis di lebih dari 10 rumah sakit di Beijing, serta di provinsi Guangdong, China selatan dan provinsi Hunan, China tengah.

4. Percepat penyembuhan pasien

Dalam uji coba tersebut, kelompok pasien yang menggunakan klorokuin mengalami penurunan demam dan hasil CT scan pun menunjukkan paru-parunya membaik.

5. China ajukan hak paten kombinasi obat klorokuin

Pada tanggal 21 Januari, Institut Virologi Wuhan telah mengajukan hak paten obat dari perpaduan klorokuin dan remdesivir yang diklaim efektif melawan virus corona berdasarkan hasil uji coba di laboratorium.



Simak Video "Kelompok Rentan yang Berisiko Terkena Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)