Senin, 06 Apr 2020 13:15 WIB

Laporkan Nol Kasus Kematian, Ini Resep Vietnam Hadapi Pandemi Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus Corona telah menjadi pandemi global. Berbagai langkah pencegahan dan penanggulangan pun diterapkan berbagai negara di dunia guna lawan penyebaran COVID-19 Vietnam laporkan nol kasus kematian, ini yang mereka lakukan hadapi pandemi corona. (Foto ilustrasi: AP Photo)
Jakarta -

Meski Vietnam dilaporkan memiliki kasus pada awal Maret lalu. Hingga saat ini negara tersebut tidak memiliki satu pun kasus kematian.

Mengutip Worldometers, kasus corona di Vietnam hingga Senin (6/4/2020) tidak melaporkan satu pun kasus meninggal dunia akibat virus corona COVID-19. Negaranya saat ini memiliki 241 kasus dengan total 90 orang yang sudah dinyatakan sembuh. Apa yang dilakukan negara Vietnam dalam menghadapi pandemi corona? Berikut penjelasannya dikutip detikcom dari berbagai sumber.

Tindakan cepat

Pada 1 Februari, Vietnam memulai serangkaian inisiatif untuk mengatasi penyebaran virus corona COVID-19 yaitu dengan menangguhkan semua penerbangan ke dan dari China. Mereka juga memutuskan untuk menutup sekolah-sekolah setelah liburan tahun baru lunar.

Karantina 21 hari

Dua minggu setelah ditetapkannya pemberhentian penerbangan dari dan ke China, karantina 21 hari diberlakukan di provinsi Vinh Phuc, utara Hanoi. Keputusan itu dipicu oleh kekhawatiran akan status kesehatan pekerja migran yang kembali dari Wuhan, China, tempat virus corona pertama kali mewabah.

Physical distancing

Penerapan kebijakan physical distancing pun diberlakukan hingga akhir April. Jarak fisik yang mereka lakukan bukan dengan memberhentikan aktivitas perdagangan atau layanan penting melainkan membatasi masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Protokol kesehatan Vietnam

Perwakilan WHO di Vietnam Dr Kidong Park menghubungkan keberhasilan Vietnam mencegah penyebaran virus corona dengan langkah proaktif dan konsistensi pemerintah.

Petugas kesehatan Vietnam membuat protokol untuk menilai infeksi dan tingkat keparahan:

- Dokter diharuskan mengobati gejalanya, seperti demam
- Pasien menjalani diet ketat dan bergizi
- Memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien




Simak Video "Pasien Terinfeksi Virus Corona di Vietnam Sembuh 100 Persen!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)