Senin, 06 Apr 2020 18:02 WIB

Viral Daun Leben Disebut Bisa Sembuhkan Corona, Apa Itu?

Puti Yasmin - detikHealth
Corona Daun Leben Disebut Bisa Sembuhkan Virus Corona/Foto: Ilustrator: Fuad Hasim
Jakarta -

Daun leben atau laban tengah menjadi pembicaraan di sosial media karena disebut bisa menyembuhkan virus corona. Pembicaraan ini mulai ramai saat seorang pria melalui video mengaku mendapatkan mimpi.

Dari mimpi tersebut, ada seseorang yang mengatakan daun leben bisa menyembuhkan virus corona. Ia pun meminta kepada para dokter untuk membuktikan hal tersebut.

"Dokter-dokter, tolong dicek kebenarannya untuk daun leben apakah bisa mengobati penyakit corona," ucap pria yang mengaku bernama Marsudi seperti dilihat detikcom, Senin (6/4/2020).

Nah, apa itu daun leben?

Daun leben berasal dari pohon dengan nama yang sama. Di Indonesia sendiri, pohon ini dikenal dengan nama pohon tahan api dan air.

Pohon ini tidak akan mati bila terendam air atau terbakar karena memiliki tekstur kayu yang keras. Maka dari itu, pohon leben di Indonesia biasa digunakan untuk mencegah kebakaran hutan meluas.

Manfaat

Dikutip dari Kajian Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura, daun leben biasa dimanfaatkan menjadi obat sakit perut. Cara pemakaiannya dengan menjadikan teh atau dengan menumbuk dan ditempelkan ke bagian perut.

Bagian dari pohon leben, seperti kayu juga biasa dimanfaatkan masyarakat Dayak Pangkodan di Kalimantan Barat untuk membuat teh. Minuman tersebut memiliki kandungan flavonoid seperti yang terdapat pada daun teh pada umumnya.

Flavonoid diketahui mengandung khasiat sebagai antioksidan yang dapat mengusir radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini dapat menurunkan kadar gula darah.

Namun, hingga saat ini manfaat dari daun leben maupun kayunya belum dibuktikan melalui penelitian medis. Maka dari itu, saat merasakan gejala dari virus corona, seperti sesak napas, demam, dan batuk disarankan untuk segera pergi ke rumah sakit.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)