Selasa, 07 Apr 2020 09:48 WIB

Cegah Virus Corona, Israel Buat Masker Khusus yang Menutupi Janggut

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
The hands of young barber making haircut of attractive bearded man in barbershop Pria brewok sulit mencari masker yang tepat (Foto: iStock)
Jakarta -

Bagi masyarakat Israel, janggut adalah salah satu bentuk ketaatan dalam beragama. Bukannya diarahkan untuk bercukur, tapi pejabat pemerintah setempat memilih untuk membagikan alat pelindung berupa masker khusus yang bisa menutupi seluruh janggutnya.

Menurut Direktur Jenderal Departemen Kesehatan, Itamar Grotto, masker tersebut dibuat sesuai bentuk dan ukurannya dengan janggut para pria di Israel. Masker tersebut pun sudah mulai dibagikan sejak minggu lalu.

"Kami menciptakan sertifikasi industri untuk masker tersebut. Masker tersebut dibuat dan disesuaikan ukurannya dengan kebutuhan. Jadi, yang berjanggut pun bisa menutupi hidung dan mulutnya dengan baik dari virus," jelasnya yang dikutip dari Daily Star.

Tipe-tipe brewok dan efektivitas masker.Tipe-tipe brewok dan efektivitas masker. Foto: CDC

Selain itu, seorang juru bicara Kepala Rabbi Israel mengatakan bahwa mereka mungkin akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan keputusan terkait hal itu. Mereka sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan orang Yahudi yang berada di sana untuk mencukur jenggotnya jika diperlukan.

Grotto juga sedang mencari jalan keluar dan dispensasi untuk memastikan apakah keputusan tersebut perlu dilakukan atau tidak oleh masyarakat Israel.



Simak Video "Ini Lho Cara Bedakan Masker Bedah Asli atau Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)