Selasa, 07 Apr 2020 11:18 WIB

Segar Saat di Rumah Aja, Minum Jus Jambu Biji yang Kaya Khasiat

Abu Ubaidillah - detikHealth
Jus Jambu Foto: shutterstock-Segar Saat di Rumah Aja, Minum Jus Jambu Biji yang Kaya Khasiat #DiRumahAja
Jakarta -

Pemberlakukan Work From Home (WFH) di DKI Jakarta diperpanjang hingga 19 April 2020. Selain masak di rumah aja, kamu juga bisa bikin jus buah sendiri.

Menjalani hari-hari #DiRumahAja tidak lengkap rasanya apabila tidak didukung dengan konsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Karena untuk mencegah terpapar virus corona saat di rumah aja, tidak cukup dilakukan hanya dengan menjalani physical distancing saja.

Upaya lain yang dapat dilakukan untuk makin meningkatkan ketahanan terhadap paparan virus Covid-19 tersebut adalah dengan mengonsumsi aneka jus buah, salah satunya adalah jus jambu. Jambu merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai manfaat.

Khasiat Minum Jus Jambu Saat di Rumah Aja

Dilansir dari Healthline, ada berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah jambu yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta menghindarkan tubuh dari paparan virus dan penyakit berbahaya.

Jus jambu biji dapat menjadi pilihan minuman praktis untuk mengisi kegiatan-kegiatan selama di rumah aja agar makin segar. Berikut adalah beberapa manfaat jus buah jambu untuk menjaga kesehatan selama #DiRumahAja.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin yang baik untuk imunitas tubuh. Kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat mengurangi risiko infeksi serta penyakit ketika #DiRumahAja.

Jambu biji adalah salah satu sumber makanan kaya vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat sehingga mengurangi risiko terpapar virus berbahaya seperti corona saat sedang di rumah aja.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Jambu biji dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Beberapa penelitian pada hewan menyebutkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kadar gula darah, kontrol gula darah jangka panjang, dan resistensi insulin.

Mengonsumsi jambu biji, termasuk olahannya seperti jus buah merupakan salah satu metode baik untuk penderita diabetes atau mereka yang memiliki risiko terkena diabetes.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak ilmuwan percaya bahwa tingginya kadar antioksidan dan vitamin yang terdapat pada jambu biji dapat membantu melindungi seseorang dari penyakit jantung akibat radikal bebas.

Tingginya kadar kalium dan serat larut dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi terhadap peningkatan kesehatan jantung. Nah bagi yang sedang di rumah aja memiliki risiko penyakit jantung, bisa mencoba mengonsumsi jus buah jambu secara rutin setiap harinya.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu biji merupakan sumber serat makanan yang sangat baik, oleh karena itu mengonsumsi jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

Penelitian menyebutkan bahwa satu buah jambu biji dapat memberikan manfaat untuk memenuhi 12% dari asupan serat harian bagi tubuh yang direkomendasikan.

5. Manfaat Jambu Biji Untuk Kulit

Berbagai macam vitamin dan antioksidan dikemas pada buah jambu biji yang dapat berperan sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat melindungi kulit dari kerusakan termasuk proses penuaan.

Selain itu, ekstrak jambu biji bahkan dapat mengobati jerawat ketika diterapkan langsung pada kulit sebab ada sifat antimikroba dan anti inflamasi yang terkandung dalam jambu biji.

Buah Jambu yang Bagus Dipilih Untuk Jus Buah

Untuk membuat jus jambu, maka Anda perlu memilih jambu biji yang baik dan berkualitas tinggi. Adapun menurut WikiHow, beberapa cara memilih buah jambu yang bagus untuk dipilih dan digunakan sebagai adalah memilih berdasarkan beberapa karakteristik.

Yang pertama adalah cari jambu biji terlembut. Semakin lembut jambu biji, maka semakin manis dan enak rasanya. Perlu diketahui bahwa jambu biji yang baik adalah jambu biji yang bertekstur lunak, namun jambu biji tersebut juga mudah rusak sehingga harus hati-hati membawanya.

Baca juga: Bun, Ini Menu Sarden Saat Masak di Rumah Aja untuk si Kecil

Kemudian periksa cacat pada buah jambu biji. Apabila terdapat noda atau memar pada jambu biji, maka berarti buah tersebut kurang enak untuk dikonsumsi, termasuk sebagai olahan jus jambu.

Periksa juga warna jambu biji yang matang, ciri-cirinya adalah telah berubah warna dari hijau terang menjadi hijau kekuning-kuningan. Bila Anda melihat ada sedikit warna merah muda, maka buah tersebut sedang berada pada puncak kematangan.

Terakhir adalah jambu biji yang matang adalah jambu biji yang dapat Anda cium tanpa mendekatkannya ke hidung. Seharusnya baunya manis dan bila Anda pernah memakannya, maka bau jambu biji sama seperti rasanya.

Bila ingin praktis, Anda bisa membeli jus jambu dari jus ABC sebagai minuman segar berkhasiat untuk membantu jaga daya tahan tubuh saat #DiRumahAja. Jus jambu ABC juga merupakan minuman praktis yang mengandung vitamin C sehingga dapat meningkatkan imunitas agar tidak mudah terpapar virus dan penyakit berbahaya.

Mari penuhi hari-hari dengan mengonsumsi jus jambu ABC karena #JusABCJagaImunitas. Jus ABC kaya akan vitamin C yang merupakan vitamin untuk imunitas tubuh termasuk saat sedang di rumah aja dalam kondisi pandemi virus corona yang masih berlangsung.



    Simak Video "Cantik dan Sehat dengan Jus Seledri"
    [Gambas:Video 20detik]
    (ega/ega)