Selasa, 07 Apr 2020 16:42 WIB

Di Rumah Aja, Perlu Tahu Nutrisi pada Ikan Sarden yang Penuh Manfaat

Abu Ubaidillah - detikHealth
Sarden ABC Foto: dok Heinz ABC-Di Rumah Aja, Perlu Tahu Nutrisi pada Ikan Sarden yang Penuh Manfaat #DiRumahAja
Jakarta -

Mencegah paparan virus corona tidak cukup hanya melakukan physical distancing saja, melainkan perlu juga menjaga tubuh tetap sehat salah satunya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi ketika #DiRumahAja.

Salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan sehat saat masak di rumah aja adalah ikan sarden yang terbukti mengandung berbagai nutrisi menyehatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kegiatan selama di rumah, seperti belajar online dan work from home dapat tetap berjalan lancar.

Melansir dari Healthline, sarden merupakan salah satu ikan dengan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bahkan, beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat berperan mencegah penyakit jantung dan melindungi tubuh dari penyakit kanker tertentu.

Kandungan Nutrisi pada Ikan Sarden yang Memberi Manfaat Bagi Tubuh

Selain disajikan sebagai masakan buat si kecil saat masak di rumah aja, sarden juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan lanjut usia karena mengandung kalsium dan nutrisi penting lainnya. Berikut adalah beberapa nutrisi yang terkandung di dalam ikan sarden.

1. Omega 3

Asam lemak omega 3 dapat membantu mencegah penyakit jantung karena sifat anti-inflamasinya dan sarden merupakan salah satu sumber omega 3 yang baik.

Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat berperan mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, serta dapat membantu melindungi agar yang pernah mengalami penyakit jantung di masa lalu tidak terjangkit kembali.

2. Vitamin

Ikan sarden merupakan salah satu sumber vitamin B12 yang baik untuk imunitas tubuh. Vitamin tersebut berfungsi untuk membantu sistem kardiovaskular serta memberi energi bagi tubuh.

Selain vitamin B12, ikan sarden juga mengandung sejumlah vitamin D yang sehat untuk menjaga kesehatan tulang yang baik sepanjang hidup.

3. Kalsium

Sarden juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Bagi yang alergi terhadap susu atau membutuhkan lebih banyak kalsium pada makanan, dapat mengonsumsi sarden untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Kalsium juga dapat membantu ibu selama masa kehamilannya. Manfaat sarden untuk ibu hamil sangat baik karena kandungan kalsium yang ada didalamnya dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan buah hati dalam kandungan.

4. Protein

Sarden juga kaya akan protein yang sangat baik untuk membangun tulang dan otot yang sehat. Protein juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh termasuk selama wabah virus corona saat #DiRumahAja.

Protein membantu menciptakan antibodi yang menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Selain itu juga dapat berperan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

5. Mineral

Selain berbagai nutrisi tersebut, sarden juga dapat disajikan sebagai makanan sehat saat bekerja di rumah karena mengandung berbagai nutrisi lain seperti niasin, zat besi, kalium, magnesium, seng, dan fosfor.

Ikan Sarden yang Baik Dikonsumsi

Apabila ingin membeli ikan sarden, pastikan Anda membeli sarden dengan kualitas yang baik sehingga kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya dapat terserap maksimal oleh tubuh.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli sarden saat masak di rumah aja antara lain baunya masih segar, kulit mengkilap, mata ikan sarden yang masih cerah, dan teksturnya keras atau kuat.

Bila ingin membeli sarden kaleng, Anda bisa membeli sarden ABC yang memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti omega 3 & 6, kalsium, vitamin B 12, dan protein yang bantu jaga daya tahan tubuh serta mencegah terpapar virus corona saat berada di rumah aja.

Sarden ABC juga dapat dijadikan stok makanan di rumah dan dapat disajikan untuk si kecil maupun keluarga yang sedang menjalani kegiatan dari rumah saja. #MasakSehatAlaSardenABC dapat menjadi pilihan kegiatan selama #DiRumahAja.



    Simak Video "Produk Sarden yang Mengandung Cacing Ditarik BPOM"
    [Gambas:Video 20detik]
    (ega/ega)