Rabu, 08 Apr 2020 16:19 WIB

#DiRumahAja, Ini Cara Memilih Ikan Sarden yang Baik Dikonsumsi

Abu Ubaidillah - detikHealth
Sarden ABC Foto: dok. ABC Heinz-#DiRumahAja, Ini Cara Memilih Ikan Sarden yang Baik Dikonsumsi
Jakarta -

Menjaga daya tahan tubuh saat di rumah aja dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Salah satunya seperti mengonsumsi ikan-ikanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi serta baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak saat belajar di rumah aja.

Bagi yang sedang bingung mau makan ikan apa hari ini, maka boleh menjadikan sarden sebagai pilihan olahan makanan. Selain karena mudah disajikan, kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mengurangi risiko paparan virus berbahaya.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan gizi sarden juga bermanfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung atau pertumbuhan tulang dan otot pada anak terganggu.

Ikan Sarden yang Baik Dikonsumsi

Apabila ingin membeli ikan sarden, pastikan Anda membeli sarden dengan kualitas yang baik sehingga kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya dapat terserap maksimal oleh tubuh.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli sarden untuk dimasak antara lain baunya masih segar, kulit mengkilap, mata ikan sarden yang masih cerah, dan teksturnya keras atau kuat.

Kandungan Gizi yang Ada pada Ikan Sarden

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa kandungan gizi pada ikan sarden untuk kesehatan dan kecerdasan anak sehingga dapat menjadi pilihan menu cocok saat #DiRumahAja.

1. Vitamin

Selain protein, sarden juga mengandung nutrisi yang penting untuk meningkatkan energi dalam tubuh, vitamin tersebut adalah vitamin B12 yang membantu sistem kardiovaskular dan memberi energi pada tubuh. Selain itu, sarden juga kaya akan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang tetap baik.

2. Omega 3

Sifat anti inflamasi yang terdapat pada omega 3 mampu membantu mencegah penyakit jantung. Omega 3 juga dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, omega 3 bersama dengan omega 6 juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

3. Kalsium

Sarden merupakan sumber kalsium dan merupakan sumber makanan alternatif bagi bayi serta mereka yang alergi terhadap susu atau membutuhkan kalsium dalam jumlah yang banyak.

4. Mineral

Selain tiga kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tersebut, berbagai mineral baik yang ada pada sarden seperti niasin, zat besi, kalium, magnesium, seng hingga fosfor.

Sarden Menu Tepat Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Selain empat kandungan nutrisi yang menyehatkan tersebut, ikan sarden juga kaya akan protein. Melansir sumber yang sama, sarden juga mengandung protein dan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi untuk mendukung kegiatan yang dijalani di rumah aja.

Protein dapat membantu tubuh untuk menciptakan antibodi sehingga membuat kekebalan tubuh tetap terjaga. Mengonsumsi sarden secara rutin dapat membantu menjaga imunitas selama kegiatan belajar atau bekerja dari rumah (work from home).

Baca Juga: Ikan Sarden, Menu Tepat Jaga Imunitas Si Kecil Saat di Rumah Aja

Selain itu, protein pada sarden juga dapat membantu membangun tulang dan otot yang sehat dan protein juga berperan membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk sardennya, Anda bisa memilih Sarden ABC karena selain kaya nutrisi untuk bantu jaga daya tahan tubuh dan perkembangan otak anak, Sarden ABC juga terjamin kualitasnya karena diproduksi tanpa bahan pengawet sehingga Sarden ABC dapat menjadi pilihan makanan sehat selama berada di rumah aja.

Dengan berbagai varian rasa yang disediakan, yakni tomat, cabai, dan ekstra pedas, #MasakSehatAlaSardenABC ketika #DiRumahAja dapat menjadi lebih seru dan menyenangkan.

(ega/ega)