Rabu, 08 Apr 2020 18:38 WIB

Tak Lagi Lockdown, Aktivitas di Wuhan Perlahan Kembali Normal

Anjar Mahardhika - detikHealth
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KCDC) total, menurut sudah 1.401 pasien virus Corona yang dinyatakan sembuh. Tak lagi lockdown, aktivitas di Wuhan perlahan kembali normal. (Foto ilustrasi: Getty Images/Chung Sung-Jun)
Jakarta -

Pemerintah China mulai hari Rabu (8/4/2020) telah mencabut kebijakan lockdown di Wuhan, Hubei. Hal Ini terjadi setelah China melaporkan tidak ada kasus kematian yang ditemukan pada Selasa (7/4/2020) akibat virus Corona COVID-19.

Mengutip BBC, sebelumnya pemerintah China melakukan lockdown pada 23 Januari lalu. Kebijakan ini diambil setelah mewabahnya virus corona di China yang menewaskan 3.330 orang dan 81.740 dinyatakan terinfeksi virus ini.

Meski begitu, pemerintah setempat memiliki syarat bagi warga Wuhan agar bisa bisa keluar rumah. Syaratnya terdapat dalam aplikasi dari ponsel masing-masing yang bisa menunjukkan apakah mereka dalam keadaan sehat.

Jika dalam keadaan sehat, mereka diperbolehkan untuk beraktivitas kembali. Kondisi sehat pada aplikasi tersebut ditandai dengan kode QR hijau.

Sementara itu, pemerintah setempat saat ini mulai membuka penghalang jalan dan transportasi umum yang telah disiapkan untuk mulai beroperasi secara normal. Pemerintah China menyediakan jadwal penerbangan udara terbatas. Dilaporkan tersedia 200 penerbangan yang dijadwalkan berangkat pada hari ini yang bisa membawa hingga 10.000 penumpang.

Namun, tetap ada beberapa batasan pada transportasi yang masih berlaku dan sekolah-sekolah masih ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut dari pemerintah setempat.



Simak Video "WHO Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi Sejak Wabah Corona Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)