Rabu, 08 Apr 2020 22:12 WIB

Biasakan Mencuci Tangan dengan 7 langkah Ini agar Terhindar dari Covid-19

Tri Suharyati - detikHealth
Pemkot Bandung memasang puluhan tempat cuci tangan di sejumlah wilayah. Hal itu dilakukan guna  cegah penyebaran virus Corona. Cara cuci tangan yang benar. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Saat pandemi seperti ini, kamu diwajibkan untuk mencuci tangan dengan benar sebelum dan setelah memegang benda di sekitar kamu. Tanpa adanya pandemi virus covid-19 ini pun memang wajib untuk mencuci tangan guna membersihkan kuman yang akan membahayakan.

Mencuci tangan juga tidak sembarangan hanya dengan membasahi tangan dengan air, ada beberapa langkah mencuci tangan yang sangat efektif untuk menghilangkan kuman yang berada ditangan.

Sebagai langkah pencegahan virus covid-19 serta membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat.

Yuk lakukan 7 langkah mencuci tangan ini sesuai dengan anjuran WHO:

1. Telapak Tangan

Langkah pertama adalah menggosok telapak tangan yang sudah dibahasi dengan air mengalir dan sedikit sabun cuci tangan. Satukan telapak tangan lalu gosok perlahan hingga berbusa.

2. Punggung Tangan

Setelah melakukan langkah pertama, selanjutnya lakukan hal yang sama pada bagian telapak punggung tangan. caranya tangan bertumpuk dan gosok secara perlahan.

3. Sela-sela Jari

lanjut lagi ke sela-sela jari, caranya juga cukup mudah seperti menggenggam tangan sendiri dan gosok secsra perlahan. Pastikan seluruh sela-sela jari terkena sabun.

4. Punggung Jari

Lakukan juga pada bagian punggung tangan dengan gerakan saling mengunci dan memutar.

5. Jempol

Bersihkan juga jempol tangan dengan gerakan memutar secara bergantian. Jempol merupakan jari yang paling aktif saat melakukan aktivitas, pastikan jempol benar-benar bersih.

6. Ujung Jari

Langkah selanjutnya membersihkan bagian ujung jari, langkah ini berfungsi untuk membersihkan kuman-kuman yang terdapat pada kuku. Caranya kuncupkan jari dan bersihkan dengan gerakan memutar pada telapak tangan secara bergantian.

7. Bilas

setelah semua langkah di atas dilakukan, langkah terakhir adalah membilasnya. Usahakan membilas dengan air yang mengalir untuk membuang kuman yang terdapat dalam busa sabun. Bilas hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk bersih.

Cukup mudah bukan 7 langkah mencuci tangan ? Selain mudah, langkah ini juga penting untuk mencegah penyakit dan tentu bisa membuat kamu dan keluarga terbiasa hidup sehat.



Simak Video "WHO Laporkan Penambahan Kasus Tertinggi Sejak Wabah Corona Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)