Kamis, 09 Apr 2020 04:41 WIB

Penyebab Perih di Lambung dan Cara Mengatasinya

Muhammad Rifqie Putra - detikHealth
asam lambung Penyebab lambung perih. Foto: iStock
Jakarta -

Nyeri di perut dapat berasal dari kondisi yang mempengaruhi berbagai organ. Organ yang terpengaruh hingga menyebabkan perih dan panas adalah lambung. Selain perih dan panas, terdapat beberapa gangguan yang akan terjadi pada lambung seperti kembung, begah, mual, nyeri pada ulu hati, hingga cegukan.

Faktor yang membuat lambung menjadi perih dan panas adalah naiknya asam lambung, selain itu hal ini bisa menyebabkan iritasi pada kerongkongan. Selain itu konsumsi coklat, kafein, alkohol, dan rokok juga memberikan andil terhadap perut panas dan perih.

Salah satu penyakit lambung adalah gastroesophageal reflux disease (GERD). Menurut Healthline, penyakit ini terjadi ketika cincin otot paling bawah di kerongkongan tidak menutup sempurna setelah makanan masuk ke lambung. Hal ini membuat asam lambung naik kembali ke kerongkongan dan menimbulkan rasa perih dan panas pada perut. Orang yang biasa terkena GERD akan merasa perutnya panas dan perih, pahit di mulut bagian belakang, kesulitan menelan, hingga batuk dan asma.

Selain GERD, penyakit lainnnya adalah gastritis. Penyakit ini terjadi karena lemahnya lapisan perut sehingga cairan merusak hingga menyebabkan gastritis. Lapisan perut tipis dan rusak memiliki potensi terkena gastritis. Healthline juga menambahkan bahwa infeksi bakteri gastrointestinal juga dapat menyebabkan gastritis, infeksi biasanya ditularkan oleh orang ke orang dan bisa melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi. Orang yang memiliki gastritis biasanya akan merasa mual, perasaan kenyang di bagian perut atas setelah makan, dan gangguan pencernaan.

Untuk mengatasi beberapa penyakit lambung seperti GERD dan gastritis, ada baiknya mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat jika sedang terkena penyakit lambung.

Berikut daftar makanan untuk atasi lambung perih:



1. Pisang

Dapat menetralisir asam lambung berkat kadar pHnya yang rendah. Melon, pir, papaya juga bisa menjadi pilihan alternatif selain pisang.



2. Sayuran Hijau

Brokoli, seledri, kol, bayam, dan lainnya bisa menjadi pilihan bagi penderita lambung. Karena sayuran ini memiliki asam yang rendah sehingga cocok menghilangkan gejala penyakit lambung.



3. Jahe

Komposisi jahe yang dibutuhkan hanya 1-2 gram dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum makan. Sifat dari jahe adalah sebagai antiradang terhadap penyakit lambung


4. Daging Tanpa Lemak

Pilihan terbaik bagi mengurangi penyakit lambung, sebisa mungkin juga menghindari dengan cara menggoreng karena dapat memperburuk gejala lambung yang Anda miliki.

5. Yogurt

Asam laktat dalam yoghurt bisa menyembuhkan luka dan iritasi pada lambung bermasalah. Menurut American Journal of Clinical Nutritionjuga melaporkan bahwa yoghurt mengandung bakteri baik yang menguntungkan bagi penderita lambung bermasalah.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)