Kamis, 09 Apr 2020 09:50 WIB

Gejala Khas Meningitis, Penyakit yang Diidap Glenn Fredly Saat Meninggal

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Aura Kasih kepergok menonton mantan kekasihnya, Glenn Fredly manggung di penutupan Synchronize Fest 2016 di Dynamic Stage. Tatapannya tampak kosong. Glenn Fredly meninggal karena meningitis (Foto: Pool/Ismail)
Jakarta -

Kabar duka kembali lagi terdengar, musisi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) pukul 18:47 WIB di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan. Diketahui Glenn meninggal karena penyakit meningitis yang diidapnya.

"Akibat meningitis," kata perwakilan keluarga, Mozes Latuihamalo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/4/2020).

Karena penyakit tersebut, Glenn sempat dirawat di rumah sakit pada bulan lalu. Lantas apa saja gejala penyakit meningitis ini?

Menurut dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, ada beberapa gejala khas yang bisa dirasakan oleh orang yang menderita meningitis atau radang selaput otak.

"Ada gejala khas radang selaput otak seperti leher kaku jadi kakunya ditekuk seperti menunduk saja keras itu," kata dr Ryu, sapaan akrabnya, kepada detikcom, Kamis (9/4/2020).

"Terus nyeri leher bisa sampai ke dagu nyerinya, demam, sakit kepala, bisa mual bahkan muntah, kejang-kejang, terus ngantuk sampai dibangunkan pun dia melek tapi ngantuk lagi," lanjutnya.

dr Ryu juga menjelaskan pada anak kecil atau bayi memiliki gejala yang cukup berbeda pada orang dewasa jika mengidap meningitis.

"Kalau pada bayi yang biasa muncul itu gatal-gatal dan nangis nggak berhenti-henti, nggak mau makan, sesak napas itu gejala-gejala pada bayi," tuturnya.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)