Kamis, 09 Apr 2020 11:35 WIB

Glenn Fredly Meninggal, Siapa Saja yang Rentan Terkena Meningitis?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Glenn Fredly di Java Jazz 2018 Glenn Fredly meninggal karena meningitis (Foto: Hanif Hawari)
Jakarta -

Kabar duka kembali terdengar dari musisi Tanah Air, Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan. Glenn meninggal karena penyakit meningitis yang diidapnya.

"Akibat meningitis," kata perwakilan keluarga, Mozes Latuihamalo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/4/2020).

Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput otak atau meninge. Lantas siapa saja yang rentan terkena meningitis?

Menurut dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, meningitis bisa menyerang pada siapa saja yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

"Semua bisa, semua umur bisa. Setiap orang punya kerentanan sendiri terhadap bakteri dan virus. Setiap orang kerentanannya berbeda, yang penting itu kita memahami dan bisa melakukan pencegahan," kata dr Ryu, panggilan akrabnya, kepada detikcom, Kamis (9/4/2020).

"Karena meningitis ini mengancam nyawa khususnya yang (dipicu oleh) bakteri," lanjutnya.

Meski meningitis bisa menyerang pada siapa saja, dr Ryu mengatakan penyakit ini akan jauh lebih rentan terkena pada anak kecil. Sebab daya tahan tubuhnya yang masih terbilang lemah.

"Anak kecil lebih rentan, karena ketahanan anak-anak kan beda belum terpapar. Kalau orang dewasa itu sudah terpapar infeksi macam-macam, jadi daya tahan tubuhnya sudah bagus," jelas dr Ryu.

Menurutnya meningitis bisa dicegah dengan cara melakukan vaksinasi. Namun saat ini vaksin untuk meningitis belum bisa dilakukan secara umum.

"Cara yang terbaik untuk mencegah penyakit ini pastikan semuanya bisa mendapatkan vaksinasi meskipun belum umum," tuturnya.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)