Kamis, 09 Apr 2020 12:31 WIB

Glenn Fredly dan Deretan Artis yang Juga Didiagnosis Meningitis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Glenn Fredly Glenn Fredly meninggal dunia setelah berjuang melawan meningitis yang diidapnya. (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Glenn Fredly meninggal dunia. Pelantun Sedih Tak Berujung ini meninggal di usia 44 tahun di rumah sakit Setia Mitra Fatmawati akibat meningitis yang diidapnya.

Meningitis adalah radang selaput otak yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Beberapa jenis meningitis bisa menimbulkan kefatalan jika tidak ditangani segera.

Selain Glenn Fredly, beberapa artis juga pernah didiagnosis penyakit yang sama. Berikut di antaranya.

1. Olga Syahputra

Mendiang komedian Olga Syahputra meninggal dunia pada Maret 2015 silam. Sejak menghilang dari hadapan publik pada Mei 2013, Olga diketahui telah menjalani berbagai perawatan untuk menyembuhkan meningitis yang diidapnya.

Sebelum wafat, setahun lebih Olga dirawat secara intensif di RS Mount Elizabeth Singapura. Kelelahan bekerja diduga menjadi salah satu faktor kesehatan Olga menurun drastis.

2. Juwita Bahar

Penyanyi dangdut Juwita Bahar seasa kecil pernah didiagnosa mengidap meningitis. Putri dari Annisa Bahar ini dikabarkan sempat koma dua minggu lantaran meningitis saat usianya baru 10 tahun.

Setelah menjalani pengobatan yang cukup lama, Juwita dinyatakan sembuh.

3. Ashanty

Sebelum didiagnosis mengidap autoimun, penyanyi Ashanty sempat mengalami meningitis pada 2013 silam. Saat ini, Ashanty dinyatakan berhasil sembuh dari penyakit meningitis yang diidapnya. Saat ini ia tengah menjalani perawatan untuk penyakit autoimun.

"Aku mungkin harus belajar lebih sayang sama diri sendiri. Apapun yang terjadi, pasti kan karena Allah sayang," ucap Ashanty.

4. Victoria Beckham

Pada tahun 2000 silam, Victoria Beckham didiagnosis mengidap meningitis virus. Kala itu ia mengalami sakit kepala sangat parah sampai harus menyewa jet pribadi untuk memulangkannya dari Jerman. Karena kondisinya tersebut, ia harus membatalkan semua agendanya untuk fokus pada penyembuhan.

5. Brad Pitt

Mengutip laman WebMD, aktor Brad Pitt didiagnosa mengidap meningitis virus ringan pada tahun 2005. Awalnya ia mengeluh sakit flu dan mengunjungi rumah sakit Cedars-Sinai Mecical Center. Setelah didiagnosis, ia menjalani perawatan dan dinyatakan telah sembuh dari meningitis yang diidapnya.



Simak Video "Dirjen WHO: Kita Semua Berutang pada Tenaga Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)