Kamis, 09 Apr 2020 14:33 WIB

4 Langkah Cegah Meningitis, Penyakit yang Diidap Mendiang Glenn Fredly

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Glenn Fredly Glenn Fredly meninggal karena meningitis (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Musisi tanah air, Glenn Fredly, meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020). Menurut keterangan pihak keluarga Glenn Fredly mengidap meningitis dan sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit.

"Akibat meningitis," kata perwakilan keluarga, Mozes Latuihamalo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/4/2020).

Mengutip Mayo Clinic, bakteri atau virus umum yang dapat menyebabkan meningitis menyebar melalui batuk, bersin, berciuman, atau berbagi peralatan makan, sikat gigi atau rokok.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena meningitis:

- Cuci tanganmu. Mencuci tangan dengan hati-hati membantu mencegah penyebaran kuman. Terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet, menghabiskan waktu di tempat umum yang ramai atau mengelus-elus hewan.

- Lakukan kebersihan yang baik. Jangan berbagi minuman, makanan, sedotan, peralatan makan, lip balm atau sikat gigi dengan orang lain.

- Tetap sehat. Pertahankan sistem kekebalan tubuh dengan cukup istirahat, berolahraga secara teratur, dan makan makanan sehat dengan banyak buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian.

- Jika hamil, berhati-hatilah dengan makanan. Kurangi risiko listeriosis (infeksi bakteri akibat makanan tercemar) dengan memasak daging hingga 165 F (74 derajat celcius). Hindari keju yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi. Pilih keju yang diberi label jelas dibuat dengan susu pasteurisasi.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)