Kamis, 09 Apr 2020 14:33 WIB

4 Langkah Cegah Meningitis, Penyakit yang Diidap Mendiang Glenn Fredly

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Glenn Fredly Glenn Fredly meninggal karena meningitis (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Musisi tanah air, Glenn Fredly, meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020). Menurut keterangan pihak keluarga Glenn Fredly mengidap meningitis dan sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit.

"Akibat meningitis," kata perwakilan keluarga, Mozes Latuihamalo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/4/2020).

Mengutip Mayo Clinic, bakteri atau virus umum yang dapat menyebabkan meningitis menyebar melalui batuk, bersin, berciuman, atau berbagi peralatan makan, sikat gigi atau rokok.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah seseorang terkena meningitis:

- Cuci tanganmu. Mencuci tangan dengan hati-hati membantu mencegah penyebaran kuman. Terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet, menghabiskan waktu di tempat umum yang ramai atau mengelus-elus hewan.

- Lakukan kebersihan yang baik. Jangan berbagi minuman, makanan, sedotan, peralatan makan, lip balm atau sikat gigi dengan orang lain.

- Tetap sehat. Pertahankan sistem kekebalan tubuh dengan cukup istirahat, berolahraga secara teratur, dan makan makanan sehat dengan banyak buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian.

- Jika hamil, berhati-hatilah dengan makanan. Kurangi risiko listeriosis (infeksi bakteri akibat makanan tercemar) dengan memasak daging hingga 165 F (74 derajat celcius). Hindari keju yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi. Pilih keju yang diberi label jelas dibuat dengan susu pasteurisasi.



Simak Video "Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)