Kamis, 09 Apr 2020 15:32 WIB

Glenn Fredly Meninggal, Adakah Dampak Pandemi Corona pada Perawatan Meningitis?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Glenn Fredly Glenn Fredly meninggal karena meningitis (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Sebelumnya dikabarkan musisi Tanah Air Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan. Diketahui Glenn meninggal akibat penyakit meningitis yang dideritanya.

"Akibat meningitis," kata perwakilan keluarga, Mozes Latuihamalo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/4/2020).

Glenn dirawat saat pandemi virus Corona COVID-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Adakah pengaruhnya?

Dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, mengatakan meski saat ini pandemi virus Corona sedang berlangsung, penanganan pasien penyakit apa pun termasuk meningitis di rumah sakit tidak akan berpengaruh. Karena sudah ada standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

"Kan rumah sakit sudah punya standar baku dalam menangani penyakit-penyakit ini, dan rumah sakit sudah seharusnya punya SOP khusus selama pandemi virus Corona berlangsung," kata dr Ryu, sapaannya, kepada detikcom, Kamis (9/4/2020).

dr Ryu juga mengatakan sebelum virus Corona masuk ke Indonesia, penanganan pasien meningitis sudah bisa ditangani dengan baik. Walaupun jika pasien mengalami komplikasi penyakit lain.

"Makanya ada SOP-nya, disesuaikan dengan superinfeksinya. Ada infeksi tambahan nggak? Misalkan meningitis disertai pneumonia itu beda penanganannya," jelasnya.

"Kalau ada superinfeksi atau infeksi lain penanganannya pasti beda, keperluan antibiotik dan antik kumannya beda-beda sesuai dengan infeksinya," tuturnya.



Simak Video "Alasan Orang Masih Menolak Tes Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)