Kamis, 09 Apr 2020 17:22 WIB

Vanessa Angel Simpan 20 Butir Xanax, Obat Apa Sih Itu?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Vanessa Angel Vanessa Angel simpan 20 butir pil Xanax, obat apakah itu? (Foto: instagram Vanessa Angel)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Barat menetapkan tersangka dan menahan Vanessa Angel di kasus psikotropika. Vanessa Angel disebut tanpa hak menyimpan psikotropika Golongan IV.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona mengatakan bahwa Vanessa Angel mengaku memiliki resep dokter untuk membeli Xanax tersebut. Akan tetapi, dosis Xanax yang dimiliki Vanessa Angel tidak sesuai dengan resep dokter.

"Tanpa hak menyimpan, memiliki bisa dipidana, ada ancaman hukumannya. Jadi bukan resep yang palsu dan dokter beri keterangan bahwa salah satu dulu ada resep, itu yang diberikan dan ada di tangan VA itu berbeda, yang satu di resep dokter itu 0,5 mg, (sedangkan) yang kami sita dari Saudari VA 1 mg," kata Kompol Ronaldo dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (9/4/2020).

Namun apa sebenarnya Xanax? Termasuk 'narkoba' jenis apakah Xanax tersebut?

Xanax merupakan salah satu psikotropika golongan IV yang berfungsi sebagai obat penenang. Termasuk golongan alprazolam yang kerap disalahgunakan. dr Andri SpKJ, FAPM, psikiater dari RS Omni Alam Sutera pernah menjelaskan bahwa Xanax mudah menyebabkan ketergantungan apalagi bagi mereka yang sering mengonsumsi alkohol dan narkoba.

"Hati-hati pakai obat Xanax ini. Pada orang yang minum alkohol atau pengguna narkoba, mereka akan lebih mudah ketergantungan terhadap pemakaian obat," kata dr Andri beberapa waktu lalu.



Simak Video "Peneliti Kemenkes Ungkap Risiko Bila Ganja Tetap Dijadikan Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)