Kamis, 09 Apr 2020 17:41 WIB

5 Cara Mengobati Gejala Virus Corona Ringan di Rumah

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi sakit Beberapa cara kurangi gejala corona ketika di rumah. (Foto: iStock)
Jakarta -

Kebanyakan orang yang mengidap virus corona akan mengalami gejala ringan, disebutkan sekitar 70 persen pasien COVID-19 mengidap kondisi ringan dan bisa dirawat di rumah. Beberapa di antaranya memiliki kondisi seperti flu termasuk batuk kering dan demam 37,8-38 derajat celcius.

Saat ini otoritas kesehatan menyarankan untuk tidak ke rumah sakit atau klinik agar mengurangi penyebaran penyakit. Perlu diketahui juga bahwa meski memiliki gejala ringan, pasien virus corona tetap bisa menularkan.

Hingga kini belum ada vaksin atau obat untuk virus corona dan dokter menyebut pasien gejala ringan-sedang bisa dirawat di rumah. Begini cara mengobatinya dikutip dari The Sun.

1. Tetap terhidrasi

Disarankan untuk minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Beberapa pedoman menyarankan sekitar 2 liter sehari namun kebutuhan cairan tiap orang bervariasi jadi tetap minum ketika merasa haus.

Anda bisa menggunakan urine sebagai indikator hidrasi. Jika berwarna kuning terang dan jernih maka tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari soda dan alkohol karena akan membuat Anda lebih mudah dehidrasi.

2. Minum parasetamol

Jika mengalami kondisi ringan, pasien bisa mengonsumsi parasetamol untuk mengurangi gejala yang disebabkan oleh infeksi seperti demam. Beberapa pakar lebih menyarankan parasetamol daripada ibuprofen sebagai penurun demam sebab ada kekhawatiran dapat memperburuk gejala.

3. Istirahat yang cukup

Tidur sangat penting untuk mengembalikan energi dan memperbaiki kondisi tubuh saat sakit. Ketika tubuh terinfeksi virus, Anda akan merasakan mudah lelah dan mengantuk karena sistem imun berjuang melawan infeksi.

Jika tidak beristirahat yang cukup, tubuh bisa terserang demam. Disarankan untuk tidak berolahraga berat namun bisa beraktivitas ringan karena dapat membantu untuk tidur di malam hari.

4. Selalu pantau gejala

Anda harus mengawasi gejala dan mencari pertolongan medis saat tidak ada perbaikan dan kondisi menurun secara signifikan. Adapun tanda-tandanya termasuk kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan terus menerus di dada, lemah, dan kebiruan di bibir.

Apabila sangat mendesak, hubungi hotline segera dan penanganan operator COVID-19.

5. Mengisolasi diri

Jika mengalami gejala, harus segera mengisolasi diri dan tidak keluar rumah selama 14 hari. Jika memungkinkan, bedakan kamar tidur dan toilet yang terpisah. Hindari menggunakan alat makan yang sama dengan anggota keluarga lain saat sedang isolasi.



Simak Video "Kenali Gejala Harian Virus Corona hingga Proses Penularan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)