Kamis, 09 Apr 2020 18:29 WIB

Glenn Fredly Idap Meningitis, Ini Cara Kuman Bisa Menginfeksi Otak

Firdaus Anwar - detikHealth
Glenn Fredly saat menghadiri press conference Tanda Mata Glenn Fredly untuk Ruth Sahanaya Glenn Fredly meninggal dunia usai idap meningitis. (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia setelah dirawat karena meningitis. Kondisi ini biasanya terjadi ketika bakteri, virus, atau jamur menginfeksi otak dan menyebabkan peradangan pada selaputnya.

Kenapa otak bisa sampai terinfeksi oleh berbagai kuman penyakit tersebut?

Ahli saraf dr Henny Herawati, SpS, dari Primaya Hospital Karawang menjelaskan ini bisa terjadi karena berbagai sebab. Pertama bisa karena ada penyebaran infeksi dari tempat lain di tubuh atau infeksi yang tidak tertangani dengan baik sehingga kemudian menyebar sampai ke otak.


"Misal, pasien memiliki riwayat TBC paru, maka antibodi pasien akan melemah sehingga kuman dapat menyebar ke otak dan menyebabkan peradangan di selaput otak. Kasus lain misalnya telinga membengkak, gigi berlubang hingga membengkak, atau terdapat infeksi daerah sinus namun tidak diobati hingga tuntas sehingga kuman dapat menyebar ke otak," kata dr Henny dalam siaran yang diterima detikcom pada Kamis (9/4/2020).

Kemungkinan berikutnya kuman bisa juga menginfeksi otak ketika terjadi kecelakaan atau prosedur operasi yang menyebabkan tulang kepala terbuka.

dr Istiana Sari, SpS, dari Primaya Hospital Bekasi Utara menjelaskan untuk menghindari risiko meningitis maka langkah terbaik adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Berikutnya bisa juga dilengkapi dengan imunisasi.

"Untuk mencegah meningitis, bayi dapat melakukan imunisasi seperti MMR, cacar, dan PCV. Pada dasarnya, orang dewasa juga bisa melakukan vaksin meningitis, terutama untuk orang yang hendak melakukan ibadah haji," pungkas dr Istiana.



Simak Video "Jawaban Dokter soal Tingkat Akurat Rapid Test Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)