Minggu, 12 Apr 2020 07:35 WIB

Peneliti China Ungkap Virus Corona Mampu Menyebar hingga 4 Meter

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Korban jiwa karena virus corona terus berjatuhan di Amerika Serikat. Kini jumlah kematian menembus angka 10 ribu jiwa. Peneliti sebut jarak aman penularan virus corona bisa sampai 4 meter. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Baru-baru ini, sebuah studi menyebut virus Corona COVID-19 menyebar melebihi jarak aman yang selama ini direkomendasikan. Virus Corona COVID-19 disebut menyebar sampai 4 meter jauhnya melebihi batas aman physical distancing.

Studi ini memeriksa sampel udara dari bangsal rumah sakit pada pasien Corona. Mereka pun mengatakan kalau sejumlah kecil virus yang ditemukan ini belum tentu berisiko menular.

Awal dari investigasi peneliti China ini dimuat pada Jurnal Emerging Infectious Disease dari CDC, Jumat (10/4/2020). Hasil penelitian ini membuat perdebatan panjang terkait dengan bagaimana virus Corona COVID-19 ditularkan.

Studi yang dipimpin oleh tim di Akademi Ilmu Kedokteran Militer, Beijing, menguji sampel permukaan dan udara dari unit perawatan intensif dan ruangan pasien Corona di Rumah Sakit Houshenshan di Wuhan. Ruangan tersebut menampung sebanyak 24 pasien antara 19 Februari dan 2 Maret.

Hasil menunjukkan virus Corona tersebut paling banyak ditemukan di lantai ruangan rumah sakit. "Mungkin karena gravitasi dan aliran udara yang menyebabkan sebagian besar tetesan virus jatuh ke lantai," kata peneliti tersebut dikutip dari AFP.

Selain itu, virus Corona COVID-19 juga ditemukan pada permukaan yang sering disentuh seperti mouse komputer, tempat sampah, sisi tempat tidur, dan kenop pintu.

"Selanjutnya, setengah dari sampel ini juga terdapat dari sol sepatu staf medis ICU yang dites positif," tulis tim itu. "Karena itu, sol sepatu staf medis mungkin bisa disebut sebagai pembawa."



Simak Video "Cuaca Dingin Bisa Tingkatkan Potensi Infeksi Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)