Minggu, 12 Apr 2020 13:01 WIB

Dokter Pasang Foto Sambil Tersenyum di APD Agar Pasien Bisa Mengenalinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
APD Tenaga medis Banyak cara yang dilakukan tenaga medis agar tidak tertekan . (Foto: SS Viral/Instagram @captain_wolf82)
Jakarta -

Berada di rumah sakit agar bisa sembuh dari virus Corona saja kedengarannya sudah menakutkan. Lalu harus melihat petugas kesehatan datang dengan penutup mata, hidung, mulut, dan APD lengkap, tak jarang membuat pasien pun ikut merasa tertekan.

Melihat situasi tersebut, ahli paru dari Scripps Mercy Hospital, San Diego, Robertino Rodriguez memutuskan memasang foto dan namanya di APD. Upaya ini ia lakukan sebagai cara menenangkan pasiennya.

"Kemarin saya merasa sangat tidak tega karena pasien harus melihat saya ke UGD saat kesana dan memakai APD lengkap. Satu senyuman bisa membuat perbedaan besar bagi pasien yang ketakutan. Jadi hari ini aku membuat 'lencana' yang dilaminasi untuk APD-ku. Jadi pasien bisa melihatku tersenyum dan bisa lebih tenang, tulis Rodriguez di akun Instagram pribadi miliknya yang saat ini tengah viral.

Ide Rodriguez ternyata juga telah menginspirasi banyak petugas kesehatan lainnya. Derek DeVault, perawat di Los Angeles dan beberapa rekannya mengikuti jejak Rodriguez dan menyebut ide tersebut sangat luar biasa.

"Pasien-pasien ini sendirian di rumah sakit, tidak diizinkan dijenguk dan hanya dikelilingi petugas kesehatan yang tertutup dari ujung kepala sampai kaki dengan APD. Melihat foto siapa yang menanganinya bisa membawa kemudahan dan kenyamanan di saat-saat yang penuh tekanan," pungkas DeVault dikutip dari CNN.



Simak Video "Cara Mudah Beri Dukungan ke Tenaga Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)