Senin, 13 Apr 2020 16:31 WIB

Pemerintah RI Singgung Sifat Virus Corona, Salah Satunya Sering Bermutasi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ilustrasi virus Corona Pemerintah RI sebut virus Corona bermutasi. (Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases)
Jakarta -

Jubir pemerintah dalam penanganan virus Corona COVID-19 dr Achmad Yurianto, menjelaskan soal ciri-ciri virus. Salah satunya disebut sering bermutasi.

"Saudara-saudara sekalian sifat virus Corona ini adalah mampu berkembang biak dengan cara memecah diri, mereplika diri sendiri dan seringkali bermutasi," ungkapnya saat melakukan konferensi pers di BNPB Senin (14/3/2020).

"Oleh karena itu ini sangat rentan apabila orang yang tidak patuh untuk tetap tinggal di rumah, terpapar berulang-ulang, oleh pembawa virus
yang lain," lanjut dr Yuri.

Selain itu, ia pun menjelaskan jumlah virus yang menginfeksi seseorang bisa berpengaruh pada gejala yang nantinya timbul.

"Secara klinis gambaran viral load jumlah virus yang masuk ke dalam tubuh ini akan berpengaruh terhadap keluhan klinisnya, semakin banyak virus yang masuk ke dalam tubuh kita maka akan semakin berat gejala fisik yang muncul," tutupnya.

Karenanya, dr Yuri kembali menegaskan agar masyarakat menjalani aturan yaitu diam di rumah. Hal ini pun guna menekan penyebaran virus Corona COVID-19 di Indonesia.



Simak Video "Meski Kasus Melandai, Satgas Covid-19 Ingatkan Pandemi Belum Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)