Selasa, 14 Apr 2020 09:48 WIB

Viral Selebgram Buat Cairan Diffuser dengan Antiseptik untuk Cegah Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral cairan diffuser dengan antiseptik. Viral video selebgram buat cairan diffuser dengan antiseptik. (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Di media sosial viral video yang menunjukkan selebgram Dinda Shafay membuat cairan diffuser dengan antiseptik. Ramuan tersebut diklaimnya bisa mencegah virus Corona.

"Tips ruangan bersih dari VIRUS/BAKTERI/DEBU!" tulis Dinda dalam video yang ramai dibagikan netizen.

Diffuser sendiri adalah alat yang umumnya digunakan untuk melembabkan udara sekaligus mengharumkan ruangan. Cara kerjanya yaitu dengan 'menguapkan' air dicampur dengan minyak atsiri atau minyak esensial (essential oil).

Dalam video viral, beberapa netizen menyebut penggunaan cairan antiseptik untuk bahan diffuser ini berbahaya bila terhirup. Ada juga yang kritis bahwa uap dari cairan tersebut bisa dipakai untuk melawan virus Corona.

"Ga abis pikir. Followers dia banyak loh. Bukannya mengedukasi hal yang benar, dicari tau validitasnya, eh malah kasih tips-tips yang ngasih manfaat engga datengin bahaya iya. Somebody please remind her," komentar salah satu pengguna Twitter.

Satu video Dinda yang diunggah di Twitter pada Minggu (12/4/2020) lalu hingga kini sudah ditontoh lebih dari 1,2 juta kali.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)